Berita

Akses Penerbangan Di Bandara DEO Sorong Bakal Dibuka Minggu Depan

×

Akses Penerbangan Di Bandara DEO Sorong Bakal Dibuka Minggu Depan

Sebarkan artikel ini
Bandara DEO
Suasa sepi aktivitas di Bandara Dominique Edwar Osok, Kota Sorong saat ditutup sementara. (Foto : Imam Mucholik/TN)

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Akses penerbangan di Bandar Udara atau Bandara Domine Eduard Osok (DEO) kota Sorong bakal kembali dibuka minggu depan.

1515
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Keputusan tersebut disampaikan Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M,. usai melakukan rapat terbatas dengan Muspida di aula Samusiret kantor walikota Sorong, Selasa (16/06).

“Akses penerbangan akan buka minggu depan, berdasarkan hasil rapat bersama Muspida. Keputusan itu nantinya akan dituangkan melalui surat edaran Walikota,”ujar Lambert, Selasa (16/6)

Namun, kata Lambert, dibukanya akses penerbangan khusus masuk Sorong hanya melalui satu jalur yakni Jakarta-Sorong. Sedangkan untuk penerbangan ke luar Sorong diberi kelonggaran, dengan syarat memenuhi persyaratan seperti mengantongi surat bebas Covid-19.

“Penerbangan dibuka hanya satu jalur, yang masuk Sorong harus melalui Jakarta- Sorong. Kalau dari kota Sorong mau keluar Papua seperti ke Jawa, Jakarta, Makassar, Ambon dan lain-lain itu terserah yang penting memiliki surat bebas Covid-19,”jelasnya sembari menambahkan bahwa dalam sehari hanya diperbolehkan dua maskapai yang masuk di Bandara Deo Sorong.

Selain akses penerbangan, fasilitas jasa seperti seperti hotel maupun restoran juga akan dibuka. Namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Fasilitas jasa termasuk hotel dan semuanya yang ada di kota Sorong juga akan dibuka. Nanti dibuka secara resmi itu tunggu surat edarannya.,”terang Lambert.

Lambert menambahkan, saat akses penerbangan mulai dibuka, pihaknya mengimbau kepada seluruh Bupati yang ada di wilayah Sorong raya untuk menempatkan tim medisnya di Bandara DEO.

“Jadi ketika akses penerbangan sudah mulai dibuka , saya mengimbau kepada Bupati yang ada di wilayah Sorong raya untuk menempatkan tim medisnya di Bandara. Supaya yang turun dari Bandara DEO bisa diurus masing-masing oleh tim medis ke daerahnya. Kalau tidak seperti itu, mereka harus kembali dengan pesawat yang sama hari itu juga,”tegas Walikota Sorong.