Berita

AKBP Untung Sangadji : Budidaya Padi India di Merauke Membuahkan Hasil

×

AKBP Untung Sangadji : Budidaya Padi India di Merauke Membuahkan Hasil

Sebarkan artikel ini
Kapolres Merauke AKBP Untung Sangadji sedang memanen padi India di daerah Tanah Miring Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke, AKBP Ir. Untung Sangadji, M.Hum menyebut, budi daya padi India yang ia gagas bersama petani padi Distrik Tamah Miring Kabupaten Merauke, Papua membuahkan hasil.

1340
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kurang lebih tiga bulan lebih padi India sekira 5 Kg mulai disemai dan kemudian ditanam oleh masyarakat asli Papua Suku Mappi di daerah Tanah Miring. Sebelumnya, bibit padi disiapkan Kapolres Merauke dengan tujuan padi India akan semakin banyak dibudi daya petani setempat.

“Ini perdana kita tanam, dengan lima kilo padi saja, tanpa pupuk tapi hasilnya bagus sekali. Apa lagi kalau kita pakai pupuk. Saya bangga dengan petani kita, mereka suskes merawatnya sehingga kita bisa panen,” terang AKBP Untung Sangaji, Kamis (19/8/2021) saat dikonfirmasi.

Dengan bangga, ia bersama Kasat Binmas dan Kapolsek Tanah Miring Iptu M. Rengil beserta anggotanya dan warga melaksanakan panen padi India perdana. Keunggulan padi India ini memiliki ukuran bulir yang lebih panjang dibanding padi lainnya. Selain itu, tahan terhadap serangan hama serangga.

“Saya berterima kasih kepada mama-mama Papua asal suku Mapi yang sudah mulai menanam, sehingga hari ini juga mereka yang memanennya,” ujar Untung.

Padi yang ditanam di atas lahan 10×20 meter ini akan tetus dikembangkan bibitnya, guna membantu ketahanan pangan bagi warga setempat di masa Pandemi Covid-19.