Berita

Ajak Berinvestasi Ditahun Politik, Airlangga Klaim Pemilu RI Tak Pernah Ricuh

×

Ajak Berinvestasi Ditahun Politik, Airlangga Klaim Pemilu RI Tak Pernah Ricuh

Sebarkan artikel ini
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto saat berpidato dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook di The St. Regis Hotel Jakarta, Selasa (28/2/2023). (foto: Morteza Syariati Albanna/TN).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengimbau setiap investor tidak perlu ragu untuk menguyur modal atau berinvestasi di Indonesia, meskipun saat ini tengah memasuki tahun politik Pemilu 2024. Menurut dia, pesta demokrasi di Indonesia tidak pernah berakhir dengan kericuhan.

1484
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kata Airlangga, selama masa Pemilu justru konsumsi masyarakat meningkat karena sistem perekonomian terus berjalan. Sebab, hal tersebut dijamin penuh dengan kepastian hukum oleh pemerintah, juga parlemen.

“Ada belasan partai (nasional) yang nanti memastikan bahwa kegiatan masyarakat akan terus bergerak dan alhamdulillah tidak ada satu pemilu Indonesia pun yang berakhir dengan ricuh. Jadi yakinlah untuk investasi karena pemerintah menjamin itu, parlemen menjamin itu,” ucap Airlangga saat berpidato dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook di The St. Regis Hotel Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Secara tegas Airlangga menyatakan bahwa Indoensia bukan kali ini saja menyelenggarakan Pemilu dan sejauh ini berinvestasi di tengah pesta demokrasi berlangsung aman-aman saja.

“Ini adalah yang kelima pascareformasi dan selama tahun 2004-2009, 2014 dan 2019 pemilu aman-aman saja,” ujar Ketua Umum Partai Golkar itu.

Menurut Airlangga, Indonesia merupakan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia. Di sisi bersamaan, kata dia, stabilitas politik di dalam negeri sejauh ini terbilang baik.

Contohnya, ujar dia, saat pandemi Covid-19 menghantam seluruh dunia, di sisi bersamaan pemerintah Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin berhasil menghadapi dengan mengambil kebijakan gas dan rem, berimbang antara kebijakan kesehatan dengan ekonomi.

“Telah dibuktikan di kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam tiga tahun menghadapi Covid-19, karena stabilitas politik dan tentu inilah mandat yang perlu dilanjutkan ke depan,” ucapnya.

Airlangga bilang, dengan stabilitas politik itu, maka pemerintah bisa menerapkan kebijakan ekonomi yang positif serta melakukan perlindungan sosial.

“Dalam menghadapi gejala ketidakpastian global sehingga faktor itu yang akan didorong,” tuturnya.

Hal yang membuatnya kian optimis ialah, di tahun politik ini Indonesia juga memegang keketuaan ASEAN.

“Indonesia juga menjaga ASEAN dalam 20 tahun terakhir yang betul-betul secara politik stabil dan itu karena leadership-nya Indonesia, ketidakpastian ini kita dorong menjadi optimisme,” tandas Airlangga Hartarto.