Berita

Airlangga Hartarto: Banyak Program Permodalan Untuk UMKM

×

Airlangga Hartarto: Banyak Program Permodalan Untuk UMKM

Sebarkan artikel ini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat berdialog dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda di Balai Kota Ambon, Senin (4/10/2021), dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) di Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Pusat (Pempus) memiliki banyak program bantuan Permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

1383
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat berdialog dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda di Balai Kota Ambon, Senin (4/10/2021), dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) di Ambon.

Selain bantuan kesejahteraan sosial dan pemberdayaan bagi warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), menurut dia, ada juga Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 1,2 juta yang disalurkan melalui bank milik pemerintah.

“Disamping itu ada juga bantuan modal bagi UMKM yang sama sekali belum menerima bantuan sosial DTKS dan BPUM, yakni warung, warteg, dan PKL. Pemerintah memberikan bantuan modal secara tunai yang disalurkan lewat TNI/Polri. Ini menjadi buffer, untuk menjaga agar semua dapat tercover bantuan sosial,” beber Airlangga Hartarto.

Selain bantuan sosial, Pemerintah juga telah menyiapkan dana sebesar Rp 285 triliun untuk KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga yang 3 persen, yang disubsidi Pemerintah, dimana nilai KUR yang digelontorkan di Provinsi Maluku mencapai Rp 768 miliar, yang dinikmati 26.660 debitur.

“Untuk KUR pinjaman hingga Rp 100 juta tanpa jaminan apapun, bahkan bisa dibayar saat panen jika usahanya di bidang pertanian,” ujar dia.

Terkait kemudahan dalam perijinan berusaha, Menurut Airlangga Hartarto secara nasional pemerintah sudah meluncurkan kebijakan One Single Submission (OSS), dimana masyarakat yang mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha) dapat mengajukan secara online dari rumah masing–masing tanpa dipungut biaya, bahkan untuk pengurusan label halal juga gratis.

Menurut Airlangga Hartarto, ada banyak fasilitas dan program permodalan yang bisa diakses masyarakat, untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Apalagi saat ini Kota Ambon dan Maluku sudah berada di PPKM Mikro level 2, yang artinya aktivitas ekonomi sudah mulai berjalan normal,” tandas dia.