AHY Umumkan Partai Demokrat Dukung Anies Baswedan jadi Bacapres 2024

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (ist)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Partai Demokrat secara resmi menyatakan dukunganya Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umun Partai Dekoktar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara tertulis pada Rabu (25/1/2023).

Dilansiri dari Tempo.co, AHY menyatakan kerja tim kecil Koalisi Perubahan mendekati tahap final. Dari pertemuan intens yamng dilakukan partainya, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selama enam bulan belakangan, dia menyatakan cukup bagi Demokrat memutuskan pilihan penting dan fundamental menghadapi Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Putra pertama Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tersebut menyebutkan kalau ketiga partai tersebut sudah satu pandangan untuk mendukung Anies sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

AHY menyebut Anies Baswedan merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan dan juga perbaikan.

Pengusungan Bacawapres dari calon mitra koalisi merupakan hal yang wajar
AHY pun menyinggung terkait bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi Anies melenggang di kontestasi Pilpres 2024. Dia menghormati pilihan NasDem untuk menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Anies, akan tetapi dia juga menilai langkah Demokrat dan PKS yang mengajukan calon juga bagian dari aspirasi.

“Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres. Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” jelas AHY.