AFU Berikan Hadiah Umroh kepada 3 Warga Byak Muslim dan 3 Warga Byak Nasrani ke Yerusalem

Acara Halal Bihalal 1443 H yang digelar oleh KKBSB Sorong Raya di pulau Doom. Foto Jos/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- “Korama Kofanjur, Kobeoser Kosambrab Ma Kobawes yang artinya, Mari Berkumpul, Bersatu, Kokoh untuk Membangun.”

Tema di atas, menghiasi kegiatan Halal Bihalal 1443 H, oleh Kerukunan Keluarga Besar Suku Byak (KKBSB) Sorong Raya yang digelar di pulau Doom (Kota Tua), Sabtu (28/5/2022).

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE. Foto Jos/TN

Syukuran Halal Bihalal KKBSB Sorong Raya ini, dilakukan setelah keluarga besar suku Byak yang beragama muslim selesai menjalankan ibadah Puasa dan merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) juga hadir dalam acara Halal Bihalal suku Byak Sorong Raya tersebut. AFU dalam sambutannya menyampaikan rasa hormatnya kepada semua masyarakat suku Byak se-Sorong Raya.

Menurutnya, lewat Halal Bihalal tersebut, masyarakat suku Byak di Sorong Raya dapat dirangkul lewat persaudaraan dan persatuan sesama etnik Byak.

“Saya menghikmai kegiatan Halal Bihalal yang dilakukan keluarga besar suku Byak se Sorong Raya ini. Halal Bihalal ini bukan sekedar seremoni belaka, namun lewat Halal Bihalal ini dapat mempererat dan mempersatukan sesama etnik Byak,” ujar bupati Raja Ampat dua periode itu.

Ia juga mengajak seluruh warga masyarakat pulau Doom dan masyarakat suku Byak untuk tetap pererat semangat dan hikmah Halal Bihalal serta Natal Bersama yang telah dilakukan oleh pengurus KKBSB Papua Barat akan selalu dan terus berjalan setiap tahun.

“Saya mau bilang buat kita semua, orang Byak itu ada Kristen, juga ada Islam. Jadi, baik orang Byak Kristen atau orang Byak Islam, tetap mereka adalah satu, orang Byak. Untuk itu tetap pererat semangat dan hikmah Halal Bihalal serta Natal Bersama yang telah dilakukan oleh pengurus KKBSB Papua Barat di Waisai beberapa waktu lalu,” terangnya.

Melalui semangat Halal Bihalal 1443 H, bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, lewat rasa suka cita dan syukurnya, secara pribadi dan keluarga memberikan hadiah umroh ke tanah suci Mekah kepada tiga orang suku Byak yang beragama muslim, serta tiga orang suku Byak beragama Nasrani untuk Syarah ke Yerusalem Israel pada saat Natal Desember 2022 mendatang.

“Melalui rasa syukur saya dan keluarga, lewat Halal Bihalal ini, maka saya memberikan hadiah umroh ke tanah suci Mekah kepada tiga orang suku Byak yang beragama muslim, dan juga kepada tiga orang yang beragama Nasrani untuk syarah ke Yerusalem pada saat Natal nanti,” terang AFU.

Menurut AFU, untuk mengatur siapa-siapa yang akan berangkat umroh ke tanah suci dan syarah ke Yerusalem, dirinya telah memberikan tanggungjawab langsung kepada Manawir suku Byak provinsi Papua Barat.