Berita

Ada 64 Kasus Covid-19, Kota Ambon Terapkan PPKM Level I

×

Ada 64 Kasus Covid-19, Kota Ambon Terapkan PPKM Level I

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I. Demikian disampaikan PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena kepada wartawan, di Ambon, Selasa (15/11/2022).

1518
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dia menegaskan, selama masa PPKM Level I berlaku, aktivitas masyarakat tetap harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

“Yang pasti aktivitas masyarakat seperti biasa, tetapi di tempat-tempat kerumunan, apalagi di ruangan tertutup, harus menggunakan masker 100 persen,” tegasnya.

Penarapan ini, lanjut Wattimena, merupakan kebijakan pemerintah pusat, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon harus menerapkan, agar tidak menyalahi aturan.

“Kebijakan pusat menghendaki kita untuk membuat itu, ya kita buat, dan upaya ini untuk menjaga masyarakat jangan sampai mengalami lonjakan kasus,” ungkap dia.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan, Wendy Pelupessy membenarkan, jika Kota Ambon sementara berada pada penerapan PPKM level I.

“Covid-19 belum berakhir, kembali kita ke level I. Jadi tetap protokol kesehatan harus dijalankan,” ungkapnya.

Menurut dia, sampai dengan saat penetapan PPKM, tercatat ada 64 kasus terpapar, dan sementara dilaksanakan isolasi.

“Sebagian besar itu Isolasi mandiri, sementara dua melaksanakan isolasi terpusat di rumah sakit,” beber Pelupessy.

Disinggung mengenai adakah pasien yang terkena Covid-19 dengan jenis varian yang baru (Varian XBB), dia menegaskan, sampai dengan saat ini pasien terpapar kebanyakan terkena varian Omicron.

“Sampai sekarang, kita belum tahu. Tapi yang selama ini dari hasil pemeriksaan tetap Omicron,” tandasnya.

Untuk itu, Pelupessy menghimbau warga Kota Ambon, yang melaksanakan aktivitas diluar rumah, agar tetap menjalankan prokes, minimal menggunakan masker.