Ada 386 Sampel Swab ASN Pemkot Ambon Yang Sudah Diambil Dinkes

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Swab Tes yang dilakukan diwilayah kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dengan melibatkan 10 OPD merupakan langkah antisipasi Pemkot dalam mencegah penularan Covid-19 di wilayah perkantoran.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz kepada wartawan, di Ambon, Rabu (26/8).

Dia menjelaskan, hingga kini total sampel swab yang sudah diambil oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon tercatat sebanyak 386 sampel.

“Dari 386 sampel, 175 sampel saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan, sementara 211 sampel lainnya sudah dikeluarkan dengan hasil 46 sampel pegawai dinyatakan positif Covid-19,” ungkap dia.

Menurut dia, 46 pegawai yang dinyatakan positif saat ini sudah mengikuti isolasi secara terpusat pada lokasi yang disiapkan Pemerintah Kota Ambon, maupun isolasi mandiri bagi mereka yang rumahnya memenuhi persyaratan berdasarkan kriteria penilaian gugus tugas.

Terkait keterbatasan lokasi isolasi terpusat, Joy mengaku, pihak Pemkot Ambon saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan pihak LPMP, agar bisa digunakan sebagai lokasi isolasi terpusat.

Menyikapi kemungkinan-kemungkinan lain yang muncul, pemkot juga telah mengambil langkah berupa pemusatan tracing dan tracking, baik terhadap masyarakat yang melakukan pelayanan maupun kepada pegawai lain yang juga melakukan pelayanan publik.

“Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah penularan yang dilakukan oleh pegawai itu sendiri,” ucapnya.

Dikatakan, pelaksanaan swab tes terhadap pegawai pemkot yang dilakukan sejak tanggal 3 Agustus 2020 hingga kini, masih akan terus berlanjut.

“Nanti swab Tes ASN Pemkot akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang dilakukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” tandas dia.