Polres Jayapura Temukan Ladang Ganja di Kawasan Dosay

Anggota Polres Jayapura Bekuk Pemilik lahan ganja di Kampung Dosay, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (17/2/2021)

TEROPONGNEWS.COM,SENTANI– Satuan Narkoba Polres Jayapura dan Polsek Sentani Barat berhasil menemukan lahan ganja seluas 30 x 30 meter persegi di kawasan Dosay, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolres Jayapura AKBP Dr Victor Dean Mackbon, S.H.,S.I.K.,M.H., M.Si saat press conference mengungkapkan temuan tersebut berdasarkan informasi tim gabungan Satuan Reserse Narkoba yang dipimpin Kasat Narkoba dan Polsek Sentani Barat Iptu Muhammad Lalang, SE, berhasil mendapati ladang ganja seluas kurang lebih 30 meter persegi dan mengamankan pelaku atau pemilik ladang berinisial EMK (22) yang berada di TKP, Rabu (17/2/2021)

Ladang ganja tersebut berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari jalan raya, menurut keterangan pelaku barang tersebut hanya untuk digunakan sebagai kebutuhan pribadi. “ pelaku mengakui menanam ganja – ganja tersebut sejak Januari awal tahun ini, dari bibit yang di dapat “ Katanya

Untuk barang bukti yang berhasil diamankan yakni tanaman ganja dari kebun TSK yang tingginya kurang lebih 1 hingga 1,5 meter dengan rincian 71 batang pohon berbagai ukuran, “rencananya setelah dipanen akan dikemas dan dijual”Kata Kapolres .

Diungkapkan Kapolres Macbon bahwa tersangka EMK (22) juga merupakan resedivis kasus yang sama di Kabupaten Kerom, saat ini telah mendekam di sel tahanan Mapolres Jayapura untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,

Akibat perbuatnya EMK dihjerat dengan pasal 111 ayat (1) dan ayat (2) undang – undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara.

Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro mengapresiasi langkah cepat kepolisian dalam memberantas Narkoba di wilayah ini sebagai bentuk Prestasi terhadap kepolisian yang tidak main-main dengan barang tersebut.

“terima kasih kepada Polres Jayapura yang telah berhasil mengungkap ladang ganja ini, kita patut bersyukur, kami sangat berharap dukungan dari masyarakat terkait informasi – informasi seperti ini, untuk kita bersama – sama memberantas narkoba, generasi muda jangan sampai terjerumus dengan hal – hal begini harus bebas dari narkoba,” Pungkasnya.