77 Bendera Merah Putih Berkibar di Pulau Fani, Pulau Terluar Indonesia

77 bendera merah putih ditancapkan dan 77 meter bendera merah putih dibentangkan di pulau Fani, pulau terluar Raja Ampat, Papua Barat. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Sebanyak 77 bendera merah putih ditancapkan di pulau Fani, Distrik Kepulauan Ayau, Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, Sabtu (13/8/2022).

Pengibaran 77 bendera merah putih itu dilakukan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya itu, bendera merah putih sepanjang 77 meter juga ikut dibentangkan di pesisir pantai pulau Fani.

Pantauan media ini, 77 bendera merah putih itu diambil dan dikibarkan dari dermaga pulau Fani menuju ke pesisir pantai, dengan dipimpin langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw dan diikuti oleh seluruh stakeholder dan masyarakat.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pengibaran bendera merah putih itu selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, juga menunjukan simbol bahwa negara hadir untuk menjaga kedaulatan pulau terluar.

“Di wilayah Raja Ampat ini ada pulau Fani sebagai pulau terluar dari batas negara kita, yang dulu pernah dikuasai oleh mereka dari Philipin yang mencari ikan kemudian melihat pulau ini kosong dan mengklaim pulau ini,”ujar Paulus Waterpauw.

Paulus Waterpauw mengungkapkan, berkat perjuangan para pendahulu, pulau Fani berhasil direbut kembali.

“Ini batas negara kita yang terluar sehingga kami sepakat untuk datang sama-sama untuk dirikan semacam tugu lambang merah putih di pulau ini, untuk menyatakan bahwa pulau ini ada, dan berisi manusia, ada kekuatan yang menjaga kedaulatan negara ini dan merah putih berkibar di sini,” pungkasnya.