Berita

50 Hektar Lahan Digarap untuk Tanam Jagung Hybrida

×

50 Hektar Lahan Digarap untuk Tanam Jagung Hybrida

Sebarkan artikel ini
Penanaman jagung di Semangga 2 Merauke. Foyo-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kelompok Papua Muda Inspiratif (PMI) Merauke menggarap 50 hektare lahan di Kampung Marga Mulya, Distrik Semangga untuk menanam bibit jagung Hybrida.

1504
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Jagung hybrida dipilih untuk pemenuhan pakan ternak dengan menggandeng warga eks transmigrasi di lokasi Semangga 2. Mengingat saat ini pemenuhan kebutuhan pakan ternak di Merauke masih didatangkan dari luar. Sekitar 15 hektare lahan sudah dilakukan penanaman dengan pola modern.

“Ini kolaborasi dengan warga setempat mulai dari pembukaan lahan, penanaman hingga panen,” terang Koordinator Papua Muda Inspiratif, Isayas Balagaize, Jumat (23/9/2022) dalam penanaman perdana dihadiri Sekda Merauke, Kepala Dinas Pertanian, TNI-Polri, Balai Wilayah Sungai (BWS) Merauke, dan Wakil Ketua II DPRD.

Tindakan Papua Muda Inspiratif mendapat apresiasi dari Sekda Merauke Ruslan Ramli. Menurutnya, kegiatan PMI layak mendapat dukungan dari pemerintah dan semua pihak, sebagai upaya mempertahankan keberlanjutan ketahanan pangan di daerah.

“Sekarang ini semua negara sedang berperang, artinya berperang ketahanan pangan. Kabupaten Merauke sudah ditetapkan sebagai daerah ketahanan pangan nasional, sehingga pantas didukung dengan program berkelanjutan,” kata Ruslan.

Kesempatan tersebut, PMI mendapatkan dukungan berupa bantuan pupuk, bibit jagung dan satu unit hand traktor dari Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.