Parlementaria Raja Ampat

5 Hari di Raja Ampat, Dua Assesor Lakukan Evaluasi Geopark Raja Ampat

×

5 Hari di Raja Ampat, Dua Assesor Lakukan Evaluasi Geopark Raja Ampat

Sebarkan artikel ini
Dua Evaluator Saat bersama Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kedatangan dua Evaluator dari Sekretariat UNESCO Global Geopark (UGG) dalam melakukan evaluasi atas rencana peningkatan status Geopark Raja Ampat untuk masuk dalam UGG, di sambut tarian suling tambur, Rabu (12/10/1022).

1459
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kedatangan dua Evaluator di Kabupaten Raja Ampat di Pelabuhan Falaya disambut pemerintah daerah setempat melalui sekretaris daerah, Dr Yusup Salim.

Dua Evaluator yang mengunjungi dan melakukan evaluasi terhadap status Geopart Raja Ampat, yakni Mr. Charalampos Fassoulas dan Alireza Amrikazi bersama dua orang Observer, yakni Hanang Samodra dan Budi Martono.

Acara Mansorandak pun berhasil mengantarkan kedua evaluator mengawali petualangannya lima hari kedepan di Raja Ampat.

Paparan secara garis besar Geopark Raja Ampat pun disampaikan Kepala BP Geopark Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo, yang langsung menampilkan video Raja Ampat Overview dan Geotourism of Misool.

Setelah Welcome Meeting, rombongan menuju Geopark Information Center (GIC) Raja Ampat. GIC sebagai pusat informasi tentang warisan geologi, warisan biologi, dan warisan adat serta budaya Raja Ampat, GIC mendapatkan kesempatan pertama untuk di-evaluasi oleh kedua orang evaluator tersebut.

Dimana secara terpisah, Mr. Charalampos Fassoulas atau akrab dipanggip dengan Mr. Babis, mengatakan bahwa ia sangat senang dengan GIC Raja Ampat, pasalnya sekalipun dengan ruang terbatas, GIC mampu menampilkan informasi yang atraktif dan interpretatif dengan desain yang indah dan menawan. Dan informasi yang disampaikan cukup relevan dengan perkembangan keilmuan dan penelitian yang dilakukan di Raja Ampat sejak resmi menjadi Geopark Nasional tahun 2017.

“Sangat menarik, saya sangat sependapat dengan ide untuk kedepannya GIC ini dikembangkan menjadi starting point para wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Karena dengan mengunjungi GIC, wisatawan akan mulai memahami keindahan dan keunikan Raja Ampat,” ujar Babis.

Welcome meeting yang dilaksanakan di Aula Wayag Kantor Bupati Raja Ampat, pejabat utama Raja Ampat, yakni Bupati dan Wakil Bupati, Abdul Faris Umlati dan Orideko I. Burdam menyambut hangat kedua evaluator bersama rombongan Badan Pengelola (BP) Geopark Raja Ampat.