30 Anggota Panwas Distrik di Kota Sorong Resmi Dilantik

Ketua Bawaslu Kota Sorong, Mohammad Nasir Sukunwatan saat melantik 30 anggota Panwas Distrik kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 30 orang anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu tingkat distrik Kota Sorong resmi dilantik, Sabtu (29/10/2022), di Sahid Mariat Hotel.

Panitia pengawas pemilu kecamatan merupakan bagian dari lembaga Bawaslu yang bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu pada lingkup kecamatan/ distrik masing-masing.

30 anggota Panwas Distrik dilantik setelah melalui proses perekrutan yang kredibel, objektif dan profesional untuk menghasilkan personil Panwas Distrik yang berintegrasi dalam menjalankan tugas pengawasan pada seluruh tahapan Pemilu 2024 mendatang.

Penjabat (Pj) Walikota Sorong, George Yarangga dalam sambutannya menyampaikan aelamat atas amanah serta tugas dan tanggung jawab yang diberikan sebagai Panwaslu tingkat distrik di Kota Sorong.

“Saya ucapkan selamat kepada Panwas Distrik yang baru saja dilantik, dengan resminya bapak/ibu menjadi panwaslu tingkat distrik, maka tanggung jawab besar secara resmi juga berada di pundak saudara sekalian. saya percaya akan mampu melaksanakan semua kewajibannya, sehingga kita dapat menghadirkan Pemilu sebagai pesta demokrasi terbesar di negeri ini akan terwujud dengan sebaik-baiknya, “jelas Yarangga.

Yarangga berharap, aanggota Panwas Distrik dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, kredibel dan menjaga kode etik sebagai penyelenggara Pemilu, dan agar Panwaslu dapat menjalin kerjasama dengan seluruh stakholder termasuk pemerintah kecamatan di wilayah masing- masing.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Sorong Mohammad Nasir Sukunwatan mengatakan bahwa setelah dilantik, anggota Panwas Distrik akan diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mengetahui tugas-tugas dan kewenangan mereka.

“Mereka ini setelah dilantik akan diberi Bimtek, selanjutnya mereka akan menjalankan tugas-tugas sebagai anggota pengawasan di tingkat distrik di wilayah masing-masing. Dari KPU juga sudah menyiapkan materinya berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024,” ujar Nasir.

Selain anggota Panwas Distrik, kata Nasir, Bawaslu Kota Sorong juga merekrut 10 anggota sekretaris distrik. Sekretaris distrik nantinya bertugas untuk membantu proses kegiatan-kegiatan atau pekerjaan dari Panwas Distrik.

“Kita juga merekrut sekretaris distrik, ada 10 anggota. Jadi tugas mereka membantu proses kegiatan-kegiatan atau pekerjaan dari Panwas Distrik, ” pungkas Nasir.