Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Tok! Khoirudin Resmi Genggam Palu DPRD DKI Jakarta

×

Tok! Khoirudin Resmi Genggam Palu DPRD DKI Jakarta

Sebarkan artikel ini
Suasana rapat paripurna dalam rangka sumpah janji jabatan lima pimpinan DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 di gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Jumat (4/9/2024). (Foto: Pierre Immanuel/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Lima anggota DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 resmi mengemban tugas sebagai pimpinan definitif usai mengucap sumpah janji jabatan pada Jumat (4/10/2024). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut hadir dalam acara tersebut.

Diketahui, lima pimpinan yang mengucap sumpah janji jabatan yakni, Ketua DPRD DKI Jakarta, Khoirudin dari PKS. Sementara untuk empat Wakil Ketua yakni, Ima Mahdiah dari PDI Perjuangan, Rani Mauliani dari Gerindra, Wibi Andrino dari NasDem, dan Basri Baco dari Golkar.

Example 300x600

Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani, ditemani Wakil Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak memimpin jalannya rapat paripurna.

Adapun pengambilan sumpah jabatan ini dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi DKI Jakarta Dr. Artha Theresia. Setelah Artha membacakan sumpah, kelima pimpinan dewan itu mengikuti ucapannya.

Pantauan Teropongnews di lokasi, sebelum mengucapkan sumpah janji, pimpinan dewan berbaris sejajar di bagian depan ruang paripurna.

“Sebelum saya mulai memandu pengucapan sumpah atu janji ini. Saya ingin bertanya apakah Saudara dan Saudari bersedia untuk mengucapkan sumpah atau janji sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta masa jabatan 2024-2029?,” kata Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi DKI Jakarta Dr. Artha Theresia.

“Bersedia,” ujar lima pimpinan dewan tersebut

Artha mengingatkan, sumpah atau janji jabatan ini mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Para pimpinan harus bertanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945, serta tanggung jawab tegaknya demokrasi.

“Sumpah atau janji ini adalah janji terhadap Tuhan dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran,” kata Artha.

Artha juga meminta agar mereka yang mengucap sumpah janji ini untuk mengikuti pernyataan sumpah janji pimpinan dewan. Pembacaan sumpah ini menggunakan agama Islam, karena mereka semua muslim.

“Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perindang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Republik Indonesia Tahun 1945,” ucap dia.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengn sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara daripada kepentingan pribadi, seseorang atau golongan,” tuturnya.

Selain itu, pimpinan dewan itu juga menyatakan akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakili untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan Bangsa dan NKRI.

Usai mengucapkan sumpah janji pimpinan dewan, secara simbolis Achmad Yani menyerahkan palu pimpinan kepada Khoirudin. Setelah itu Yani dan Jhonny duduk di kursi anggota DPRD DKI Jakarta.

Sedangkan lima pimpinan yang dilantik menempati kursi mereka masing-masing di bagian depan ruang paripurna menghadap ke arah anggota dewan.

Sekadar informasi, sejumlah tokoh politik turut hadir dalam rapat itu seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Gubernur Jawa Barat yang juga Cagub Jakarta Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Selanjutnya, Anggota DPR RI dari PDIP Panda Nababan, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi, dan Anggota DPR RI dari PKS Hidayat Nur Wahid.***

Example 300250
Example 120x600