Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Ridwan Kamil Kampanyekan Program dengan Lenong Betawi di Pasar Jabon Meruya

×

Ridwan Kamil Kampanyekan Program dengan Lenong Betawi di Pasar Jabon Meruya

Sebarkan artikel ini
Ridwan Kamil dan sang istri Atalia Praratya. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil kembali meyakinkan masyarakat untuk terus melestarikan budaya Betawi tanpa mengesampingkan budaya lainnya di Jakarta. Kali ini, Ridwan Kamil menjelaskan program-program kerjanya jika terpilih menjadi gubernur Jakarta melalui lenong dalam Kegiatan Seni Budaya Betawi di Jakarta Barat, Sabtu (19/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil memainkan lenong bersama pelawak-pelawak kawakan seperti Malih, Bolot, Opie Kumis, serta tokoh Betawi lainnya di atas panggung. Meski latar belakang Ridwan Kamil bukan berasal dari pelawak, namun suami dari anggota DPR RI Atalia Praratya itu berhasil memukau masyarakat yang hadir.

Example 300x600

Para warga RW 08, Tomang, Meruya Utara, Jakarta Barat yang hadir tak henti -hentinya meneriakkan nama Ridwan Kamil yang turut memainkan perannya dalam lenong Betawi tersebut. Para warga juga berharap mantan Gubernur Jawa Barat itu bisa memenangkan Pilkada Jakarta 2024.

Ridwan Kamil mengaku ingin lenong Betawi terus dilestarikan agar bisa menghibur masyarakat Jakarta. “Kalau nonton lenong, hati terhibur. Saya ingin merasakan hati terhibur itu sebanyak-banyaknya. Karena Jakarta kota stres nomor 9,” ujar Ridwan Kamil.

Keinginannya untuk melestarikan lenong Betawi jika terpilih menjadi gubernur Jakarta yakni dengan diadakannya car free night di setiap kecamatan di Jakarta. Car free night diharapkan bisa diselenggarakan pada Minggu malam di setiap bulan.

“Makanya kita ada program car free night, program untuk UMKM dan budaya. Jalanannya ditutup buat UMKM, di tengahnya ada panggung lenong. Nanti Saya wajibkan tiap kecamatan malam Senin. Jadi ramai, sanggar jadi hidup lagi, warga bahagia, sebulan sekali malam Senin,” kata Ridwan Kamil.

Haji Umar, sebagai penyelenggara acara berharap Ridwan Kamil menjadi orang nomor satu di Jakarta, karena program-program yang disampaikan pasangan calon gubernur Jakarta sejalan dengan keinginan masyarakat Jakarta terutama pelaku seni.

Dia berharap kegiatan seni semacam ini bisa terus dilestarikan. “Acara ini akan berkelanjutan kalau Ridwan Kamil menang. Dia sudah janji lestarikan kebudayaan Betawi. Kita dukung Ridwan Kamil karena visi misinya luar biasa,” kata Haji Umar.

Example 300250
Example 120x600