Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Parlemen

Pimpinan DPRD Kota Ambon Definitif Dilantik, Ini Kata PJ Wali Kota

×

Pimpinan DPRD Kota Ambon Definitif Dilantik, Ini Kata PJ Wali Kota

Sebarkan artikel ini
Tiga orang pimpinan DPRD Kota Ambon definitif periode 2024-2029 dilantik, dalam Rapat Paripurna, Jumat (18/10/3024), di Balai Rakyat, Belakang Soya. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Tiga orang pimpinan DPRD Kota Ambon definitif periode 2024-2029 dilantik, dalam Rapat Paripurna, Jumat (18/10/3024), di Balai Rakyat, Belakang Soya.

Ketiganya yakni, Mourits Tamaela (Ketua/Partai Nasdem), Gerald Mailoa (Wakil Ketua/PDIP) dan Patrick Moenandar (Wakil Ketua/Perindo). Pelantikan ini turut dihadiri oleh PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya

Example 300x600

PJ Wali Kota Ambon dalam sambutannya mengaku, pelantikan ini sebagai momentum bersejarah, dimana untuk pertama kalinya pimpinan DPRD Kota Ambon diisi oleh Partai Nasdem dan Perindo.

Untuk itu, dalam mengawali tugas mereka Kaya berharap, kedudukan sebagai pimpinan DPRD bukan sekedar jabatan, tetapi amanah untuk merealisasikan cita – cita bersama bagi daerah yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat.

“Saya berharap pimpinan DPRD meninggikan semangat, menguatkan komitmen, melapangkan ketulusan hati, dan rela berkorban guna memenuhi tugas mulia ini, dalam nuansa keharmonisan akan kebersamaan,” ujarnya.

Lembaga DPRD, lanjut PJ Wali Kota, menjadi simbol demokrasi kebangsaan Indonesia, sehingga para wakil rakyat dipercaya untuk memperjuangkan aspirasi, melalui kolaborasi dan sinergitas dengan eksekutif dalam melahirkan paket kebijakan, yang berdampak bagi kesejahteraan dan hajat hidup orang banyak.

“Untuk itu, hakekat penyelenggaraan demokrasi yang efektif adalah, pola kerja yang terbangun dalam semangat kemitraan, sebagai mitra sejajar antara legislatif dan eksekutif,” jelasnya.

PJ Wali Kota mengatakan, kurang lebih dua setengah bulan lagi akan mengakhiri tahun 2024, sehingga sejumlah agenda strategis harus dirampungkan termasuk dalam proses internal DPRD sendiri.

“Saya kira proses bimbingan teknis dan pembekalan yang diikuti akan memantapkan langkah bapak/ibu anggota DPRD, dalam mengemban fungsi legislasi pengawasan dan anggaran,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD yang baru dilantik, Mourits Tamaela menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan warga kota ini kepadanya, sebagai pimpinan DPRD.

“Dengan pelantikan di hari ini, maka telah terbentuk salah satu alat kelengkapan DPRD, yakni Pimpinan DPRD yang sifatnya kolektif kolegial, dalam melaksanakan tugasnya,” pungkas Tamaela.

Untuk diketahui, alat kelengkapan DPRD terdiri atas Pimpinan, Badan Musyawarah, Komisi, Badan pembentukan Perda, Badan Anggaran dan Badan Kehormatan, serta alat kelengkapan lain yang diperlukan, dibutuhkan dan dibentuk oleh rapat paripurna.

Example 300250
Example 120x600