Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPendidikan

Partisipasi Kemendikbudristek pada Pertemuan 32nd BIMP-EAGA Senior Officials Meeting

×

Partisipasi Kemendikbudristek pada Pertemuan 32nd BIMP-EAGA Senior Officials Meeting

Sebarkan artikel ini
pertemuan 32nd BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) Senior Officials Meeting (SOM) yang diselenggarakan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (15/10/2024). Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadiri pertemuan 32nd BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) Senior Officials Meeting (SOM) yang diselenggarakan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (15/10/2024). BIMP-EAGA sendiri merupakan kerja sama sub regional ASEAN yang berfokus pada pembangunan ekonomi antara pemerintah negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Kemendikbudristek hadir diwakili oleh Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Anang Ristanto, selaku kepala Sociocultural and Education (SCE) Cluster. Pada pertemuan tersebut, Anang menyampaikan perkembangan program dan inisiatif dalam bidang kebudayaan, pendidikan vokasi, pendidikan tinggi, serta pemuda dan olahraga yang merupakan bagian dari BIMP-EAGA Vision 2025.

Example 300x600

Program tersebut disampaikan kepada para Senior Officials untuk mendapatkan dukungan. Program yang disampaikan merupakan hasil pembahasan dari pertemuan Sociocultural and Education Cluster Meeting ke-9 yang telah dilaksanakan pada 31 Juli s.d. 1 Agustus 2024 di Miri, Sarawak, Malaysia.

Adapun program dan inisiatif tersebut antara lain program budaya hasil inisiatif Indonesia yaitu Layar BIMP-EAGA yang menayangkan kebudayaan seluruh negara anggota pada kanal Indonesiana TV, Cultural Advancement Residency yang merupakan program satu bulan aktivitas bersama praktisi kebudayaan senior (Maestro), sejumlah program yang diinisiasi dan diimplementasikan oleh negara anggota BIMP-EAGA lainnya seperti Bayu Seni Exhibition dari Malaysia dan Budayaw Monograph dari Brunei Darussalam, serta rencana pelaksanaan Budayaw Festival oleh Filipina.

“Perkembangan dari SCE Cluster lainnya yang diangkat dalam forum adalah pembangunan BIMP-EAGA Higher Education Institution Network dan inisiatif Indonesia terkait BIMP-EAGA TVET Education Institution Network yang keduanya berada di bawah Kelompok Kerja Pengembangan Sumber Daya Manusia,” dikutip dalam rilis tertulis, Rabu (16/10/2024).

Selain itu, ada pula perkembangan program di bidang pemuda dan olah raga, seperti Eleventh BIMP-EAGA and Northern Territory Friendship Games 2024 yang turut melibatkan para atlet, BIMP-EAGA’s Level UP e-Sport Trophy Cup, serta BIMP Youth Summit yang melibatkan para pemuda dari negara-negara anggota BIMP-EAGA.

Forum Senior Officials menyambut baik inisiatif serta program dari SCE Cluster. Mereka berharap agar program-program yang telah berjalan dan inisiatif yang akan dijalankan dapat memberikan dampak baik untuk pembangunan manusia serta memperkuat hubungan antarmanusia.

Example 300250
Example 120x600