Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Masalah Air Bersih dan Sampah Jadi Keluhan Utama Masyarakat ke Paslon BETA Par Ambon

×

Masalah Air Bersih dan Sampah Jadi Keluhan Utama Masyarakat ke Paslon BETA Par Ambon

Sebarkan artikel ini
Kampanye pemenangan paslon BETA Par Ambon, di kawasan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Selasa (1/9/2024). Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Krisis air bersih dan penanganan sampah yang buruk di Kota Ambon, menjadi keluhan utama masyarakat, saat menghadiri kampanye dialogis pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dan Ely Toisutta (BETA Par Ambon).

Dua persoalan ini, dinilai sangat penting untuk selesaikan oleh paslon nomor 2 ini, ketika nantinya terpilih sebagai wali kota dan wakil wali kota Ambon periode 2024-2029.

Example 300x600

Sejak awal masa kampanye tanggal 25 September, sesuai tahapan yang ditetapkan KPU hingga 23 November 2024 nanti, dua persoalan ini yang selalu disampaikan masyarakat dari beberapa lokasi yang telah dikunjungi.

Salah satunya, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala pada Selasa (1/10/2024) malam, dan di kawasan Nania Kampung Baru, Kecamatan Baguala, Rabu (2/10/2024) siang kemarin.

Dimana warga Lateri dan warga Nania, sesalkan penanganan sampah yang masih buruk, pasca Bodewin Wattimena tidak lagi menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Ambon.

Begitu juga dengan krisis air bersih yang hingga kini masih banyak masyarakat yang belum dapat menikmatinya dengan baik. Padahal, ada dua perusahaan daerah yang mengelola air bersih di Kota Ambon, yakni PT DSA dan PDAM yang telah berganti nama menjadi Tirta Yapono.

“Yang kami sesalkan adalah persoalan air bersih pak Bodewin. Masih banyak yang belum menikmati air bersih. Bahkan saya sendiri, meski sudah daftar tapi diharuskan membayar Rp 2 juta, kok semahal ini. Semoga persoalan air bersih, sampah dan lainnya ini bisa ditangani saat bapak Bodewin menjadi walikota nanti,” harap Novi, salah satu waga Lateri.

Hal senada disampaikan Eka, salah satu warga Nania. Ia berharap, krisis air bersih yang terjadi di Kota Ambon ini dapat ditangani oleh Bodewin Wattimena dan Ely Toisutta saat terpilih nanti.

“Masih ada warga di Nania dan sekitar yang belum menikmati air bersih dengan baik. Kadang mengalir, kadang tidak. Semoga maslaah air bersih bisa diselesaikan, kalau pak Bodewin dan Ibu Ely terpilih nanti,” harap Eka.

Menanggapi dua persoalan itu, Bodewin Wattimena menjelaskan, jika paslon BETA Par Ambon memiliki visi misi dan 17 program prioritas, yang dapat menjawab segala persoalan yang terjadi di Kota Ambon. Di mana, dalam 17 program tersebut, persoalan air bersih dan sampah ada paling atas.

“Kenapa persoalan air bersih dan sampah, ada paling atas dari 17 program paslon BETA Par Ambon? Karena memang dua persoalan ini yang utama akan kami selesaikan. Jika Paslon BETA terpilih, kami akan langsung upayakan untuk membeli 20 armada sampah. Karena kendalanya, Pemkot Ambon masih kekurangan armada sampah,” tutur Bodewin.

Diakuinya, persoalan air bersih di kota ini sudah terjadi sangat lama. Di mana, banyak jaringan air yang telah rusak dan belum sepenuhnya diperbaiki.

Kemudian soal debit air yang masih kurang, karena banyak lokasi-lokasi sumber air yang sudah dibangun pemukim oleh warga. Sehingga seluruhnya harus ditata kembali, agar masyarakat dapat menikmati air bersih dengan baik.

“Selain soal jaringan dan debit air, manajemen Perumda Tirta Yapono juga perlahan diperbaiki. Bahkan saat saya masuk jadi penjabat, tidak lama kemudian omsetnya mulai naik tembus Rp 1 miliar. Dan untuk PT DSA itu, Pemkot Ambon sendiri belum bisa mengintervensi. Nanti kita akan upayakan, paling tidak semuanya dibawah kendali Pemkot Ambon,” tandas Bodewin.

Example 300250
Example 120x600