Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Kades dan Perangkat Desa di Ambon Diminta Jaga Netralitas

×

Kades dan Perangkat Desa di Ambon Diminta Jaga Netralitas

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Para Kepala Desa (Kades)/Raja bersama perangkat pesa/negeri di Kota Ambon, diminta turut menjaga netralitas dalam Pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada).

PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya menegaskan, temuan dari Kejaksaan Negeri Ambon, bahwa ada kades tidak netral dalam Pemilukada dan pemilu sebelumnya.

Example 300x600

“Salah satu temuan di masa lalu, dan kita belajar dari pengalaman itu yakni, para kades untuk itu perlu dilakukan konsolidasi khusus bagi kades/raja dan perangkatnya,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Selasa (15/10/2024).

Diungkapkan, selain para kades, tenaga honorer juga menjadi sorotan, sebab sudah ada Surat Edaran (SE) MenPan-RB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pengawasan Netralitas Pegawai Non PNS.

“Jadi bukan saja PNS dan PPPK, tapi juga yang tenaga honorer, bisa kena hukuman. Dan itu hingga pemutusan hubungan kerja,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon akan berlangsung pada 27 November dan diikuti oleh 4 (empat) pasangan calon.

Example 300250
Example 120x600