Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPILKADA 2024

Elektabilitas Survei Tinggi, Ridwan Kamil Tegaskan Tetap Lebih Sering Blusukan

×

Elektabilitas Survei Tinggi, Ridwan Kamil Tegaskan Tetap Lebih Sering Blusukan

Sebarkan artikel ini
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) atau biasa disapa Kang Emil saat ditemui awak media di acara Silaturahmi Forum Keumatan yang digelar di DPTW Partai Keadilan Sosial (PKS), Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2024). (Foto: Ist.)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dari hasil berbagai lembaga survei ternama seperti Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Indonesia, dan Poltracking Indonesia telah merilis hasil survei pilkada Jakarta. Berdasar hasil survei tersebut, pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), berada di urutan teratas dengan elektabilitas tertinggi.

Meski begitu, Ridwan Kamil memastikan bahwa dirinya bersama Suswono akan terus turun dan blusukan untuk bertemu masyarakat.

Example 300x600

Politisi yang akrab dipanggil Kang Emil itu menyampaikan bahwa masih ada waktu lebih kurang enam minggu untuk menemui masyarakat Jakarta, mendengarkan aspirasi masyarakat untuk mewujudkan Jakarta Baru, Jakarta Maju. Dia memastikan bahwa masa kampanye yang relatif singkat akan dimaksimalkan dengan blusukan. Itu dilakukan karena pasangan RIDO akan membawa dan merealisasikan sebagian besar masukan dari masyarakat bila terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur.

”Perbanyak blusukan, perbanyak ketemu ibu-ibu. Masih ada enam minggu. Survei itu untuk membaca hari ini. Jadi, dengan ada survei, kami tahu mana yang kurang, mana yang sudah bagus,” ungkap Emil pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Hasil survei Charta Politika Indonesia yang dirilis pada 3 Oktober 2024 mencatat elektabilitas pasangan RIDO pada angka 48,3 persen. Jauh di atas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur lainnya. Pekan lalu, Poltracking Indonesia juga merilis hasil survei dengan persentase elektabilitas RIDO pada angka 47,5 persen. Sedangkan Lembaga Survei Indonesia melalui hasil survei yang dirilis pada 18 September 2024 mencatat elektabilitas RIDO 51,8 persen.

Meski angkanya berbeda-beda, namun hasil survei tiga lembaga survei tersebut menunjukkan besarnya kepercayaan pemilih di Jakarta kepada Ridwan Kamil-Suswono. Atas hasil survei itu, Emil menyatakan bahwa target RIDO adalah menang satu putaran.

”Survei itu kalau dihilangkan undecided-nya dan diratakan kepada pasangan calon secara proporsional, pasangan RIDO sudah tembus 50 persen. Sesuai target, kan kami yang penting 50 persen plus satu,” kata Emil.

Sementara itu, Suswono menyampaikan bahwa sejauh ini hasil survei pasangan RIDO sudah baik. Bahkan hasil survei yang memotret elektabilitas dirinya sebagai calon wakil gubernur juga positif. Padahal sepuluh tahun belakangan, dia sudah tidak pernah muncul di muka publik. Dengan masa kampanye yang masih ada, dia percaya diri mampu terus meningkatkan elektabilitas. Sehingga nantinya target pasangan RIDO menang satu putaran dapat terwujud.

”Alhamdulillah kalau dari data-data yang saya peroleh dari timses kemajuan cukup baik. Bahkan dari sisi penerimaan, dari orang yang suka ke saya dan kemudian menerima itu relatif saya yang paling tinggi. Saya lihat dari data yang saya dapatkan. Artinya nggak ada yang aneh-aneh dari saya,” ujarnya.

Example 300250
Example 120x600