Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Bakal Geser Pj Gubernur Heru, Begini Respons Teguh Setyabudi

×

Bakal Geser Pj Gubernur Heru, Begini Respons Teguh Setyabudi

Sebarkan artikel ini
Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi. (Foto: Ist/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi merepons soal kabar dirinya bakal menggeser posisi Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Perihal hal tersebut, Teguh menghormati prosedur pergantian yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri. Ia pun tak memungkiri kalau namanya masuk bursa calon Pj Gubernur DKI Jakarta.

Example 300x600

“Saya memahami prosedur yang berlaku, dalam kaitannya dengan penetapan Pj Gubernur,” ujar Teguh kepada wartawan, Rabu (16/10/2024).

Terkait siapa yang bakal ditunjuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Teguh tidak mau berspekulasi lebih jauh. Ia tetap akan menunggu sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Tidak hanya usulan dari DPRD provinsi, tapi ada usulan dari kementerian dan tentu saja di Istana, di presiden. Terkait proses tersebut tentu tergantung masing-masing tahapan,” katanya.

Untuk itu, Teguh menegaskan, hingga kini dirinya belum mengetahui siapa yang akhirnya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pj Gubernur Jakarta. Lantas ia meminta kepada publik agar menunggu hingga Keputusan Presiden (Keppres) diterbitkan.

“Saya belum mengetahui siapa dari ketiga nama tersebut yang akan ditetapkan sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta,” tegasnya.

“Mari kita tunggu saja nanti Keppresnya siapa, tentu saja kita ikuti dan hormati,” sambungnya.

Sebelumnya terberitakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus kompak mengusung Teguh Setyabudi menjadi salah satu calon kandidat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta saat DPRD DKI Jakarta melanjutkan rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2024).

Sementara itu, nama Heru Budi Hartono yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta hanya diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP).

Padahal sebelumnya, Heru Budi Hartono didukung oleh beberapa fraksi seperti PKS, Demokrat, dan PSI untuk kembali menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan habis pada 17 Oktober 2024.

Untuk publik ketahui, sosok Teguh Setyabudi saat ini menjabat sebagai Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

“Saya minta masing-masing fraksi menyebutkan nama. Setelah itu baru menyerahkan (dokumen lengkap nama yang diusung kepada pimpinan DPRD),” kata Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani saat memimpin rapat.

Adapun selain Teguh, nama selanjutnya yang paling banyak diusulkan ialah Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik. Terakhir, ada nama Plt Sekjen Kemendagri Tomsi Tohir.***

Example 300250
Example 120x600