Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Hukum

Sisi Gelap Korupsi PT Timah, Saksi Ungkap Praktik Pinjam Bendera Perusahaan

×

Sisi Gelap Korupsi PT Timah, Saksi Ungkap Praktik Pinjam Bendera Perusahaan

Sebarkan artikel ini
Sidang dugaan korupsi pengelolaan tata niaga timah di Bangka Belitung senilai Rp 300 triliun dengan terdakwa Helena Lim, menghadirkan lima saksi fakta di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (18/9/24). (Foto Sofyan)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Praktik pinjam bendera perusahaan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi mulai terkuak dalam persidangan perkara dugaan korupsi pengelolaan tata niaga timah di Bangka Belitung senilai Rp 300 triliun dengan terdakwa Helena Lim di Pengadilan TipikorJakarta, Rabu (18/9/2024).

Adalah Direktur CV Diratama Doni Indra yang mengungkap sisi gelap praktik culas pinjam bendera perusahaan dengan fee 4 persen dalam pola kemitraan pihak swasta dengan PT Timah TBK tersebut.

Example 300x600

Saksi Doni Indra juga menyebutkan lahan miliknya seluas 10 hektar yang di kerjasamakan atau bermitra dengan PT Timah, hingga 2020 dan hingga kini tanahnya belum direklamasi oleh PT Timah.

Selain saksi Doni Indra, JPU juga menghadirkan empat saksi lainnya. Yakni Kabid P2P PT Timah Muntok, Deden Hidayat, Kabid Tambang Bangka Selatan Apit Rinaldi, akutansi PT Timah Erwan Sudarto, dan Kabag laporan keuangan PT Timah Dian Syafitri.

Para saksi menjelaskan ihwal kerjasama antara 5 smelter swasta dengan PT Timah terkait pengelolaan tata niaga timah di IUP lahan PT Timah, antara lain terkait pemlogaman biji timah, proses peleburan, pengangkutan yang menyewa smelter swasta.

Kabag P2P Muntok Deden Hidayat membenarkan bahwa produksi semlter swasta lebih besar dibanding produksi smelter milik PT timah yakni swasta 60 persen PT Timah 40 persen, sejak periode 2019 hingga 2022.

Sementara itu Kabag laporan Keuangan PT. Timah, Dian Syafitri mengungkapkan saat rekonsiliasi dengan auditor BPKP ditemukan fakta terjadi kemahalan harga sekitar 2 triliun atas biaya pengeluaran kepada smelter swasta, dibanding menggunakan smelter sendiri dari PT Timah Tbk.

Dian menjelaskan dalam laporan konsolidasi ada total Rp 26 triliun pengeluaran PT Timah untuk pos biaya peleburan biji timah.

Diberitakan Helena Lim didakwa bersama Harvey Moeis yang mewakili PT Refined Bangka Tin dengan sepengetahuan Suparta selaku Direktur Utama dan Reza Andriansyah selaku Direktur Pengembangan Usaha PT Refined Bangka Tin mengadakan pertemuan dengan Dirut PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, Direktur Operasi PT Timah Alwin Albar dan 27 pemilik smelter swasta membahas permintaan 5 persen dari Dua oknum direksi Timah yakni Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan Alwin Akbar atas kuota ekpor bijih timah smelter swasta karena bijih timah karena merupakan hasil produksi dari penambangan ilegal di wilayah IUP PT Timah Tbk

Perlu diketahui biaya pengamanan 500 -750 USD perton yang dicatatkan sebagai CSR smelter swasta, kerjasama sewa smelter Swasta, SPK yang bertujuan melegalkan tambang biji timah di lahan PT timah, dan biaya sewa pemlogaman sebesar 4 ribu permetrik ton untuk PT RBT dan 3700 metrik ton untuk 4 smelter lainnya.

Kerugian negara berdasarkan laporan BPKP 28 mei 2024 senilai Rp 300 triliun.

Example 300250
Example 120x600