Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Ridwan Kamil Bakal Kaji Kelanjutan Proyek Reklamasi Teluk Jakarta

×

Ridwan Kamil Bakal Kaji Kelanjutan Proyek Reklamasi Teluk Jakarta

Sebarkan artikel ini
Mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus politikus Golkar Ridwan Kamil saat meninjau pembangunan kawasan Monumen Perjuangan di IKN. Foto: x/@ridwankamil.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Reklamasi Teluk Jakarta pernah menjadi sorotan yang menyedot perhatian publik di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga Gubernur Anies Baswedan. Kandidat calon gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil teranyar mengaku bakal mengkaji kelanjutan reklamasi di Teluk Jakarta.

“Nanti itu (reklamasi) kalau sudah program teknis, saya kaji. Dibahas lebih khususnya,” kata Ridwan Kamil usai pemeriksaan kesehatan sebagai kandidat cagub Jakarta di RSUD Tarakan, Jakarta, dikutip dari detikcomm, Selasa (3/9/2024).

Example 300x600

Reklamasi sempat hendak digalakkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di era Gubernur Ahok, kemudian sempat dibatalkan Gubernur Anies Baswedan, dan akhirnya terbit putusan Mahkamah Agung (MA) agar Jakarta menerbitkan izin reklamasi untuk Pulau G.

Tak ada keterangan lebih lanjut soal reklamasi dari Ridwan Kamil sejauh ini. Hanya saja, dia sempat mengutarakan ingin merealisasikan proyek Giant Sea Wall.

“Akan ada giant sea wall, supaya banjir dari utara, kan banjir terbagi dua ya, air dari selatan, Bogor ke sini, dan air dari utara naik. Nah, giant sea wall itu gimana menyelesaikan masalahnya kan, kira-kira begitu,” tutur Ridwan Kamil di DPD Partai Demokrat Jakarta, Jumat (23/8) pekan lalu.

“Nah, jadi saya akan membagi visi misi itu dua intinya. Menyelesaikan keberfungsian masalah rutin, tapi melakukan lompatan terobosan hal-hal baru untuk Jakarta,” lanjutnya.

Soal Giant Sea Wall, wacana proyek itu pernah diutarakan pula oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang saat ini menjadi Menteri Pertahanan sekaligus Presiden RI terpilih lewat Pilpres 2024.

Partai Gerindra saat ini menjadi pendukung pencalonan Ridwan Kamil di Jakarta. Prabowo dulu berbicara soal Giant Sea Wall dalam seminar nasional ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’. Prabowo meminta komitmen dari para pimpinan politik di Tanah Air.

Prabowo meyakini pembangunan Giant Sea Wall akan berdampak untuk jangka waktu yang lama. Ia tak ingin kawasan pantai sekitar Pulau Jawa terendam lantaran permukaan air yang terus naik.

“Masalah Giant Sea Wall mungkin nanti para engineer, para pakar, akan paham dan akan menyampaikan. Saya yakin masalah Giant Sea Wall ini mungkin membutuhkan waktu 40 tahun mungkin, sampai selesai, mungkin lebih,” ujar Prabowo di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat (10/1/2024) lalu.

Example 300250
Example 120x600