Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Respons RK Soal Heru Budi Hartono yang Tak Diusulkan KIM Plus Jadi Pj Gubernur

×

Respons RK Soal Heru Budi Hartono yang Tak Diusulkan KIM Plus Jadi Pj Gubernur

Sebarkan artikel ini
Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil saat menemui awak media di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2024). (Foto: Ist.)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwal Kamil (RK) merespons soal Heru Budi Hartono yang tidak diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta untuk kembali menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur.

RK mengatakan tidak begitu mengikuti dinamika politik daerah, khususnya Jakarta yang bakal jadi tempat dirinya untuk menjadi kepala daerah jika nantinya terpilih.

Example 300x600

Dia pun menyebut bahwa dirinya hanya mengetahui kalau Heru Budi Hartono tak diusulkan gabungan Partai KIM Plus dari membaca berita di media.

“Saya tidak hafal, tidak ikut di politik lokalnya saya tidak bisa menjawab saya cuma baca berita juga yang saya tahu Pak Heru tidak diusulkan oleh DPRD,” ujar RK di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2024).

Kendati demikian, RK menyampaikan, usulan Pj gubernur Jakarta tak hanya melalui DPRD Jakarta, namun bisa lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk itu, dia menegaskan, apapun hasil siapa yang bakal jadi Pj Gubernur Jakarta. Sebagai seorang sahabat, dirinya akan mendoakan yang terbaik untuk Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) tersebut.

“Tapi mungkin dari pintu usulan Kementerian karena yang saya tahu ya usulan Pj itu bisa dari bawah dan bisa dari pusat,” kata Kang Emil sapaan karibnya.

“Jadi Saya doakan yang terbaik buat beliau karena beliau sahabat saya juga,” sambungnya.

Sebelumnya terberitakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus kompak mengusung Teguh Setyabudi menjadi salah satu calon kandidat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta saat DPRD DKI Jakarta melanjutkan rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2024).

Sementara itu, nama Heru Budi Hartono yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta hanya diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP).

Padahal sebelumnya, Heru Budi Hartono didukung oleh beberapa fraksi seperti PKS, Demokrat, dan PSI untuk kembali menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan habis pada 17 Oktober 2024.

Untuk publik ketahui, sosok Teguh Setyabudi saat ini menjabat sebagai Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

“Saya minta masing-masing fraksi menyebutkan nama. Setelah itu baru menyerahkan (dokumen lengkap nama yang diusung kepada pimpinan DPRD),” kata Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani saat memimpin rapat.

Adapun tiga nama yang paling banyak diusulkan DPRD DKI Jakarta yakni, Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, dan Akmal Malik.

Lalu, tiga nama calon Pj Gubernur tersebut sudah diserahkan ke Kemendagri yang selanjutnya akan diproses dan diputuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi).***

Example 300250
Example 120x600