Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasional

Radio Masih Jadi Sumber Informasi Publik Terbanyak Saat Pemilu, Dibanding Media Sosial

×

Radio Masih Jadi Sumber Informasi Publik Terbanyak Saat Pemilu, Dibanding Media Sosial

Sebarkan artikel ini
Kantor RRI, Jakarta. Foto: ist.
Example 468x60
TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Survei nasional media yang digelar Nielsen Audience Measurement sepanjang Juli hingga Agustus 2024, dan melibatkan 2553 responden, mengungkap televisi masih menjadi sumber utama informasi Pemilu di Indonesia. Sebanyak 80.8% publik di Indonesia mencari informasi melalui TV, diikuti radio 62.8%, media sosial 47.6%, selanjutnya koran 7.2%, website 6.1%, aplikasi 6.0% dan majalah 1.4%.

Dari publik yang menjadikan radio sebagai sumber informasi pemilu, sebanyak 79.6% dari mereka, mendengarkan informasi Pemilu melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

Ada berbagai alasan mengapa publik menjadikan RRI sebagai media informasi Pemilu. Responden mendengarkan RRI karena ingin mengetahui berita ter-update (62,8%), siarannya informatif (40%), acaranya menarik (36,6%).

Example 300x600

Sebanyak 92 persen responden menilai RRI berhasil membawakan suara pemilu secara adil, dengan pertanyaan. Survei Nielsen Audience Measurement tersebut juga memotret kepuasan pendengar siaran Pemilu RRI. Lebih dari 90 persen pendengar suara Pemilu RRI memberikan nilai positif RRI dalam menyajikan informasi Pemilu.

Tingkat kependengaran RRI di Maluku dan Papua cukup tinggi. Bahkan wilayah Maluku dan Papua capaian persentase pengakses informasi pemilu mencapai 88,3 persen dari populasi pendengar radio. Selain Papua dan Maluku, Sulawei tak kalah tingginya.

Sekitar 89.5 persen dari populasi pendengar radio terkait informasi tentang pemilu, adalah pendengar RRI.

Tingginya pencapaian prosentase tersebut membuktikan masih tingginya kepercayaan publik terhadap RRI sebagai sumber informasi di wilayah Indonesia Timur.

Pelaksanan kontestasi Pilkada tahun 2024 berlangsung 27 November 2024. Pilkada 2024 ini untuk memilih gubernur, wali kota, bupati beserta wakilnya. Pemilihan berlangsung secara serentak di sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

Atas hasil survei tersebut Dirut RRI Hendrasmo menyatakan RRI akan terus meningkatkan kinerja seluruh stasiun RRI di seluruh Indonesia. Terlebih sebentar lagi akan ada hajatan Pilkada serentak secara nasional.

“Kami siap menjadi media yang dipercayai publik untuk menyuarakan Pilkada 2024 di seluruh Indonesia, guna mendorong pilkada berlangsung secara berkualitas dan demokratis,” kata Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo, kepada wartawan, Rabu (18/9/2024).

Hingga kini RRI memiliki 133 stasiun di seluruh nusantara. Selain bersiaran mereka juga menghadirkan kontennya di berita online RRI News dan platform digital lainnya.

Sebelumnya, Nielsen Audience Measurement, sebuah perusahaan riset global berpusat di New York City, Amerika Serikat mengeluarkan hasil survei berjudul Laporan Survei Layanan Siaran Pemilu dan Pilkada Tahun 2024. Hasil survei menjadikan Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai radio terpopuler di Indonesia.

Survei tersebut menyatakan, dalam 6 bulan terakhir, RRI dengan jumlah pendengar nasional sebesar 46,4 persen. Prosentase ini jauh mengungguli radio-radio lain yang eksis di Indonesia. Angka pendengar radio selain RRI bahkan hanya mendapat jumlah pendengar kurang dari 5 persen. Inilah yang membuat RRI terpopuler di seluruh Indonesia.

Example 300250
Example 120x600