Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Presiden Jokowi Siap Groundbreaking Proyek Investor Asing di IKN Usai Tutup PON 2024

×

Presiden Jokowi Siap Groundbreaking Proyek Investor Asing di IKN Usai Tutup PON 2024

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai groundbreaking pembangunan kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024. Foto: x/@jokowi.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap melakukan groundbreaking proyek investor asing di Ibu Kota Nusantara (IKN) usai menutup event PON XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono.

Example 300x600

Basuki berkata, Presiden Jokowi siap Kembali ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur, setelah menutup gelaran

“Jadwal awal setelah penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 bapak Presiden RI mau ke sana (IKN), nanti kalau saat ke IKN ada groundbreaking, peresmian,” ujar Basuki di Jakarta, Rabu (19/9/2024).

Basuki menekankan, groundbreaking tersebut rencananya akan diikuti oleh investor asing.

Kendati demikian, Basuki tidak menjelaskan lebih lanjut proyek apa dan siapa saja investor asing yang akan berpartisipasi dalam groundbreaking tersebut

“Iya, di antaranya (ada asing),” katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sekaligus Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni mengungkapkan, investor asing dari China dan Australia akan berpartisipasi dalam groundbreaking kedelapan di Nusantara, Kalimantan Timur pada bulan ini.

Terdapat 6 sampai 8 investor yang siap groundbreaking, dua di antaranya investor dari luar negeri. Pertama dari Delonix China yang akan membangun mal, hotel, apartemen, juga pusat-pusat perbelanjaan. Total investasi sekitar Rp500 miliar.

Kemudian investor asing kedua dari Australian Independent School yang juga akan membangun sekolah dengan total investasi tahap awal Rp150 miliar.

Dengan demikian, secara keseluruhan hingga saat ini sudah terdapat tujuh groundbreaking dan selanjutnya groundbreaking kedelapan. Sudah ada 31 investor yang masuk dengan total investasi sekitar Rp56,8 triliun.

Example 300250
Example 120x600