Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Ekonomi

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Senilai Rp13,5 Triliun

×

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Senilai Rp13,5 Triliun

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh. Foto: x/@jokowi.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Provinsi Aceh. Infrastruktur jalan senilai Rp13,5 triliun ini diharapkan dapat menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di daerah tersebut.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 2, seksi 3 seksi 5, dan seksi 6 pada hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden Jokowi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/9/2024).

Example 300x600

Adapun empat ruas jalan tol yang diresmikan tersebut sepanjang 35 kilometer (km) terdiri atas Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baru (8 km), dan Seksi 6 Kuto Baru-Baitussalam (5 km).

Jokowi menekankan, infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. Maka itu pemerintah akan terus mempercepat pembangunan jalan tol, termasuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2.998 km dari Provinsi Lampung sampai ke Provinsi Aceh.

“Kita berharap dengan Jalan Tol Trans Sumatra akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera dan meningkatkan efisien waktu tempuh serta meningkatkan multiplier effect bagi masyarakat,” katanya.

Jokowi mengungkapkan, empat dari enam ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh telah dibangun sejak 2019 dan menelan biaya sekitar Rp13,5 triliun. Presiden meyakini dengan peresmian empat ruas jalan tol tersebut akan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru, menumbuhkan usaha-usaha baru.

Kemudian, memotivasi usaha kecil serta usaha mikro untuk memperluas usaha serta membangkitkan perekonomian di Provinsi Aceh secara keseluruhan.

Example 300250
Example 120x600