Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Budaya

Perpustakaan Jakarta Gelar Seminar Internasional Bahas Manuskrip Nusantara

×

Perpustakaan Jakarta Gelar Seminar Internasional Bahas Manuskrip Nusantara

Sebarkan artikel ini
Seminar Internasional Naskah Nusantara dengan mengusung tema “Mengantarabangsakan Manuskrip Karya Nusantara” yang dilaksanakan di Aula PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024). (Foto: beritajakarta)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) HB Jassin bekerjasama dengan Institut Terjemahan dan Buku Malaysia (ITBM), menggelar Seminar Internasional Naskah Nusantara dengan mengusung tema “Mengantarabangsakan Manuskrip Karya Nusantara”. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, seminar ini selain untuk mengenalkan Manuskrip Nusantara juga jadi ajang tukar pandang dan mendalaminya. Adapun kegiatan tersebut diikuti 120 peserta.

Example 300x600

“Kegiatan itu juga sebagai upaya kita memastikan warisan Manuskrip Nusantara tetap terpelihara,” kata Firmansyah dilansir dari beritajakarta, Kamis (26/9/2024).

Firman mengungkapkan, Manuskrip Nusantara merupakan warisan intelektual dan budaya yang memiliki nilai historis. Selain itu juga punya nilai dari sisi akademis.

Oleh sebab itu, Firman berharap seminar ini dapat memperkaya pemahaman terhadap naskah-naskah Nusantara dari berbagai perspektif. Supaya bisa diangkat dan dikaji dalam ranah internasional.

“Kita akan terus mengeksplorasi berbagai strategi, mulai dari digitalisasi, penerjemahan, pelestarian hingga promosi naskah-naskah Nusantara agar dikenal dan diakui lebih luas oleh masyarakat dunia,” tandasnya.

Dalam seminar ini menghadirkan para pemateri dari unsur praktisi dan akademisi yang menjadi pakar dalam bidangnya, seperti Muhammad Haji Salleh (Sastrawan Malaysia), Andi Sukri Syamsuri (Wakil Rektor II, Universitas Muhammadiyah Makassar), Aditia Gunawan, (Ketua Kelompok Kerja Pengelolaan Naskah Nusantara, Perpustakaan Nasional RI) serta Noor Amin Ahmad (Pengerusi Lembaga Pengarah Institut Terjemahan dan Buku Malaysia) dan Munawar Holil (Ketua Umum Masyarakat Pemaskahan Nusantara).

Kemudian, Datuk Awang Azman Awang Pawi (Pengarah Pusat Kajian Kecemerlangan Melayu, Akademi Pengajian Melayu, Universiti Malaya), Andi Ima Kesuma (Guru Besar Sejarah Kebudayaan dan Kepariwisataan Universitas Negeri Makassar), Elis Suryani Nani Sumarlina (Akademisi Universitas Padjajaran Bandung) serta Undang Ahmad Darsa (Akademisi Universitas Padjajaran Bandung).

Firman menjelaskan, kegiatan ini secara teknis dibagi menjadi beberapa bagian. Pada bagian pertama, seminar membahas tantangan dalam upaya pelestarian naskah kuno yang dalam kondisi rapuh.

Upaya pelestarian dilakukan secara fisik dan melalui digitalisasi sebagai solusi jangka panjang. Pada bagian kedua, membahas salah satu contoh naskah Nusantara yang menjembatani hubungan kekerabatan antar negara di Asia Tenggara, yaitu naskah Tuhfat al-Nafis.

Dalam sesi ini juga dibahas neberapa naskah sunda bernuansa ensiklopedis yang mengungkap seluk beluk dan berbagai keahlian dalam masa lampau.

Seminar ini ditutup dengan Forum Nusantara bertema “Dari Arsip ke Awan: Mengangkat Warisan Nusantara ke Persada Dunia”. Kegiatan dihadiri beberapa pakar seperti Andi Sukri Syamsuri, Aditia Gunawan dan Noor Amin bin Ahmad.***

Example 300250
Example 120x600