Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahPILKADA 2024

Pemprov PBD Gelar Coffee Morning Cegah Berita Hoax Guna Tercipta Situasi Kondusif Jelang Pilkada 2024

×

Pemprov PBD Gelar Coffee Morning Cegah Berita Hoax Guna Tercipta Situasi Kondusif Jelang Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Oplus_131072
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang. Berbagai isu politik santer menyebar dikalangan masyarakat, sangatlah disayangkan, momentum pesta demokrasi ini sengaja dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk menyebar berita hoax, yakni informasi mengandung isu-isu menyesatkan dan juga merugikan orang lain.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya mengadakan kegiatan coffee morning bersama stakeholder dan puluhan jurnalis di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Example 300x600

Pj Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad menjadi narasumber utama dalam coffee morning yang digelar di Vega Hotel Sorong, Senin (16/9/2014) didampingi Sekretaris Daerah, Jhoni Way dan LO Polda Papua Barat, Kombes Pol Budi Utomo

Dalam pemaparannya, Pj Gubernur menjelaskan tahapan Pilkada 2024 yang sedang berjalan hingga pada tahapan tanggapan masyarakat saat ini dan tahapan-tahapan selanjutnya sampai pemungutan dan perhitungan suara bahkan sampai pada tahapan penerapan calon terpilih, Insan pers diminta untuk mengedepankan profesionalitas jurnalis dan patuh pada kode etik jurnalistik.

“Yang terpenting buat rekan-rekan wartawan sebagai pilar keempat pembangunan bangsa, ikut membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi yang benar dan menciptakan situasi yang kondusif kepada masyarakat,” kata Pj Gubernur Provinsi PBD, Muhammad Musa’ad.

Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat di daerah, Muhammad Musa’ad berharap semua pihak untuk komitmen menjaga kebersamaan. Jangan sampai pemilu yang dilakukan sekali dalam 5 tahun, menghancurkan kebersamaan kita.

“Saya juga berharap para jurnalis bersama Polri, dapat membantu pemerintah dalam menangkal informasi atau berita-berita yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Pj Gubernur Provinsi Papua Barat Daya menyebut peran jurnalis dan Polri pada momentum Pilkada 2024 guna membantu menangkal pemberitaan yang tidak benar atau HOAX, yang dapat memprovokasi, sehingga mengganggu tahapan-tahapan Pilkada serentak 2024.

“Sebagai Pemerintah Daerah, kami berharap semoga penyelenggaraan Pilkada ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Sehingga dapat menghasilkan sosok-sosok pemimpin yang memiliki kompetensi, dan yang terutama adalah memiliki hati untuk membangun Provinsi Papua Barat Daya,” ujar Muhammad Musa’ad.

Ditempat yang sama, LO Polda Papua Barat Daya, Kombes Pol Budi Utomo mengatakan pihaknya siap menurunkan personilnya yang tergabung dalam Satgas Mata Praja, untuk mengawal jalannya seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Secara umum situasi di wilayah Papua Barat Daya, khususnya di Kota Sorong masih kondusif. Jadi setiap apel pagi, ada 550 personil yang diturunkan. Mereka nantinya bertugas terpisah, ada yang piket juga dan tugas lainnya,” kata Kombes Pol Budi Utomo.

Menjelang Pilkada 2024, Polda Papua Barat menghimbau agar peredaran dan perdagangan miras dihentikan. Polda Papua Barat akan terus melakukan cipta kondisi, jika ada yang menjual maka akan diamankan. Jadi dalam hal ini, kami akan meningkatkan penertiban.

Example 300250
Example 120x600