Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Naik Transjakarta Bareng Penyintas Disabilitas, RK: Sedang Tampung Aspirasi

×

Naik Transjakarta Bareng Penyintas Disabilitas, RK: Sedang Tampung Aspirasi

Sebarkan artikel ini
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil bersama Jubir Timses RIDO, Angkie Yudistia dan kelompok disabilitas saat mengunjungi Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2024). (Foto: Pierre Immanuel/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) bersama penyintas disabilitas mengunjungi Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2024).

Sebelumnya, RK mengajak penyintas disabilitas untuk mengelilingi Kota Jakarta dengan menggunakan moda transportasi umum, yakni Transjakarta.

Example 300x600

RK mengatakan, ingin membuat kelompok disabilitas mempunyai hak yang sama dengan orang pada umumnya ketika menggunakan moda transportasi massal tersebut.

“Hari ini saya sedang menampung aspirasi dari golongan Disabilitas. Nanti akan saya simak curhatan-curhatannya seperti apa,” kata Kang Emil sapaan karibnya di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2024).

RK mengungkapkan, bus Transjakarta harus menjadi sarana dalam mendukung mobilitas kelompok disabilitas. Pasalnya, kelompok disabilitas mempunyai hak dalam konteks kenyamanan untuk bisa memanfaatkan bus Transjakarta.

“Ciri kota yang baik adalah kota yang adil buat semua, buat lansia, buat anak kecil, buat kaum disabilitas juga,” ungkap Mantan Gubernur Jawa Barat itu.

“Sekilas tadi sambil jalan, salah satu aspirasinya ada banyak dari mereka belum dapat kartu subsidi ternyata. Jadi mungkin masalah birokrasi aja,” sambungnya

Lebih lanjut, RK menegaskan, selain hak untuk menggunakan bus Transjakarta, kartu subsidi juga harus lebih luas lagi pemanfaatannya bagi kelompok disabilitas.

“Jadi keberpihakannya ada tapi belum didapatkan, juga ingin memperluas kalau bisa subsidinya juga sampai ke MRT atau fasilitas kendaraan umum lainnya,” tegas RK.

Di sisi bersamaan, Jubir Pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) Angkie Yudistia mengatakan, bertemunya RK dengan kelompok disabilitas. Untuk memastikan bahwa moda transportasi massal seperti Transjakarta ramah bagi para penyintas disabilitas.

“Bersama Pak RK kita mencoba untuk aksesibilitas transportasi Jakarta apakah sudah ramah terhadap disabilitas?,” kata Angkie.

“Nah hari ini Pak RK akan berbincang langsung dengan penyandang disabilitas mendengarkan aspirasinya, langsung di Transjakarta ini,” jelas dia.***

Example 300250
Example 120x600