Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kota Bandung Ternyata Menginspirasi Kemenkopolhukam RI Terapkan Smart City

×

Kota Bandung Ternyata Menginspirasi Kemenkopolhukam RI Terapkan Smart City

Sebarkan artikel ini
Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinator Kamtibmas Kemenkopolhukam RI, Brigjen Pol Asep Jaenal Ahmadi, saat melihat sistem Smart City, di Bandung Command Center, Kamis (19/9/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Sistem Smart City yang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mencuri perhatian Kemenkopolhukam RI.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Koordinator Kamtibmas Kemenkopolhukam RI, Brigjen Pol Asep Jaenal Ahmadi menyebutkan, jika transformasi digital di Pemkot Bandung ini menginspirasi pihaknya. Ia berharap, sistem ini dapat diimplementasikan di berbagai kota/kabupaten lainnya.

Example 300x600

“Kami melihat Kota Bandung, salah satu pemerintahan kota yang sudah melaksanakan transformasi digital ini,” kata Asep, saat melihat sistem Smart City di Bandung Command Center, Kamis (19/9/2024).

Kunjungan kerja ini juga sejalan dengan pembelajaran yang dilakukan Kemenkopolhukam RI, dalam mewujudkan konsep smart city yang bisa diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN).

Salah satu aspek yang mengesankan bagi Kemenkopolhukam RI adalah, terintegrasinya layanan publik dan keamanan yang terpadu di satu ruang, yakni Bandung Command Center. Asep menyebutnya sebagai Smart Security System.

“Adanya integrasi dengan pihak kepolisian yang bisa dikolaborasikan dengan sistem keamanan kota yaitu smart security system. Semoga ini menjadi pembelajaran dan masukkan bagi kita, untuk bisa dikembangkan di daerah-daerah lain,” harap Asep.

Sedangkan dalam sambutan selamat datangnya, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengaku, salah satu branding Kota Bandung adalah, Liveable And Loveable City.

Bambang juga menyebutkan, jika Bandung merupakan salah satu kota pelopor smart city sejak 2015. Sejumlah inovasi dibuat, guna mempermudah akses masyarakat mendapatkan layanan publik.

“Dinamika yang terjadi di Kota Bandung, menjadikan percepatan pelayanan publik ini menjadi sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric M. Attauriq menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kemenkopolhukam, atas atensi dan apresiasinya mengunjungi Kota Bandung untuk bertukar ilmu soal smart city.

Ia mengaku bangga, upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung, selain membawa manfaat bagi masyarakat, juga mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Semoga dengan kedatangan Pak Asep dan Jajaran dapat menjadi motivasi, dan menjadi saran dan masukkan bagi perkembangan smart city,” harap Eric.

Example 300250
Example 120x600