Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kota Ambon Raih Penghargaan dari Kompas TV

×

Kota Ambon Raih Penghargaan dari Kompas TV

Sebarkan artikel ini
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno saat menyerahkan penghargaan kepada PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, di acara puncak HUT ke-13 Kompas TV yang diselenggarakan di Convention Center The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Rabu (11/9/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pengembangan ekonomi kreatif di Kota Ambon kembali mendapat pengakuan nasional. Kali ini pengakuan tersebut datang dari Kompas TV, selaku media nasional yang kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

Pengakuan berupa penghargaan untuk kategori Daerah Peduli Inovasi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata diberikan pihak Kompas TV kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di acara puncak Hari Ulang Tahun ke-13 Kompas TV yang diselenggarakan di Convention Center The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Example 300x600

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno kepada PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya.

Berbicara tentang Ekonomi Kreatif, Menparekraf lewat Siaran Pers Kementerian yang dirilis beberapa waktu silam mengatakan, sektor ekraf akan menjadi masa depan Indonesia.

Sehingga pelaku usaha utamanya generasi muda diharapkan mampu berperan, sebagai katalisator keberlangsungan ekonomi kreatif di tanah air.

“Saat ini ekonomi kreatif Indonesia mencapai angka Rp 1,4 triliun, sehingga menempatkan Indonesia pada posisi ketiga dunia, untuk negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ke PDB. Posisi pertama ditempati Amerika dengan Hollywood, dan posisi kedua Korea Selatan dengan K-Pop dan K-Drama,” jelas Sandiaga.

Dalam mendorong hal tersebut, ungkap Sandiaga, konten-konten yang dihadirkan pada produk ekraf tentunya mengutamakan keotentikan, relevansi, dan menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

“Saya melihat content is a king, tapi packaging is a queen. Kalau content ketemu packaging akan menjadi a kingdom. Dan kunci menuju kingdom adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi,” terangnya.

Karena itu dia sangat bersyukur, dan memberikan apresiasi kepada Kota Ambon serta juga beberapa kabupaten/kota lainnya di Indonesia, yang begitu bersemangat dalam meningkatkan kepedulian terhadap inovasi ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

Untuk itu Sandiaga berharap, inovasi tersebut dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan itu, PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya juga merasa bersyukur atas penghargaan yang disematkan kepada Kota Ambon dari Kompas TV.

Kaya berharap semua lini, baik Pemerintah maupun masyarakatnya dapat terus berkolaborasi dan saling mendukung dalam peningkatan inovasi dan kreatifitas, untuk mengembangkan perekonomian di Kota Ambon.

“Kita bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. Kita tidak akan berhenti, namun akan terus bekerja, demi Kota Ambon yang lebih inovatif, lebih kreatif, terlebih khusus untuk ekonominya, pemberdayaannya sehingga bisa memberikan kemajuan dan kesejahteraan serta perubahan yang lebih baik, khususnya soal pertumbuhan ekonomi, inflasi serta seluruh pergerakkan keuangan di Kota Ambon dan Maluku,” pungkas Kaya.

Diketahui, pada penerimaan penghargaan tersebut, PJ Wali kota Ambon didampingi PJ Ketua TP-PKK Kota Ambon, Dessy Kaya, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Masyarakat yang juga selaku Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Ronald Lekransy, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Wendy Pelupessy, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Juliana Patty, serta Kepala Bappeda Litbang Kota Ambon, Enrico Matitaputty.

Example 300250
Example 120x600