Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Hukum

Kejati Jakarta Luncurkan Aplikasi Intelejen SIIMAS

×

Kejati Jakarta Luncurkan Aplikasi Intelejen SIIMAS

Sebarkan artikel ini
Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi SIIMAS (Intelijen Mapping System) pada tanggal 19 September 2024 di Aula Kejati DKI Jakarta. (Foto: Ist)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi SIIMAS (Intelijen Mapping System) yang diinisiasi oleh Mochamad Fitri Adhy, Koordinator Bidang Intelijen pada Kejati DKI.

Peluncuran SIIMAS dilaksanakan pada tanggal 19 September 2024 di Aula Kejati DKI Jakarta. Penyajian data Intelijen di Kejati DKI masih bersifat statis dan tidak real-time. Akibatnya, informasi yang diperoleh sering kali tidak terkini dan menghambat proses pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu dibutuhkan bentuk visualisasi data yang lebih baik agar mengoptimalisasi kerja bidang intelijen. 

Example 300x600

Pelaksana Tugas Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Khusus Jakarta Danang Suryo Wibowo dalam sambutannya menjelaskan aplikasi ini akan membuat pihaknya siap menghadapi tantangan di depan. “Sebagai lembaga penegak hukum, Kejaksaan memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga stabilitas dan keamanan. Dengan implementasi “SIIMAS”, saya berharap Kejaksaan dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Semoga sistem ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban, dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Daerah Khusus Jakarta, mendukung penegakan hukum yang profesional dan humanis,” ujarnya saat meluncurkan aplikasi SIIMAS di Aula Kejati DKJ, kemarin

SIIMAS memetakan berbagai kategori penting, termasuk kejadian atau peristiwa di bidang Ideologi, Politik, Pertahanan dan Keamanan, Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Ekonomi dan Keuangan, Pengamanan Pembangunan Strategis, serta Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen.
Dengan kemampuannya memvisualisasikan data Intelijen secara real-time, SIIMAS memungkinkan pimpinan di berbagai tingkatan dapat mengakses informasi langsung terkait potensi ancaman di wilayah hukum DKI Jakarta.

Selain memetakan ancaman dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM, sistem ini juga berfungsi sebagai bank data yang mendokumentasikan seluruh kegiatan Intelijen, memudahkan proses monitoring, evaluasi, dan pengambilan keputusan.
SIIMAS mengubah cara pengolahan dan penyajian data Intelijen, menyediakan informasi yang lebih jelas dan relevan. Sistem ini mempermudah analisis Intelijen dengan cara yang lebih intuitif dan responsif. Dirancang untuk mendukung pelaksanaan operasi Intelijen dengan cara yang lebih efektif dan efisien dengan tampilan peta yang terintegrasi, sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari dan menyajikan data intelijen.

Visualisasi data intelijen membantu dalam mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan yang mungkin tidak terlihat pada data statis. Peta interaktif memungkinkan pemantauan yang lebih efektif dan pengambilan keputusan dan kebijakan strategis yang lebih cepat dan tepat.

SIIMAS bukan hanya solusi untuk masalah saat ini, tetapi juga dirancang untuk keberlanjutan jangka panjang. SIIMAS diyakini akan meningkatkan kinerja dan efektivitas Intelijen secara berkelanjutan, mendukung Kejaksaan Tinggi Daerah Khusus Jakarta dalam menghadapi tantangan masa depan. ***

Example 300250
Example 120x600