Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Transportasi

Jasa Marga: Sudah Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Jogja-Solo Siap Beroperasi

×

Jasa Marga: Sudah Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Jogja-Solo Siap Beroperasi

Sebarkan artikel ini
Foto: Corcomm Jasa Marga.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) memastikan infrastruktur tol Jogja-Solo aman digunakan oleh pengguna jalan.

Jalan Tol Jogja-Solo telah melalui rangkaian uji laik fungsi (ULF) yang dilaksanakan sejak tanggal 11 sampai dengan 13 September 2024.

Example 300x600

“Jalan Tol Jogja-Solo resmi mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang menjadi bukti bahwa jalan tol ini telah memenuhi standar keselamatan, teknis, dan operasional yang ditetapkan oleh Bina Marga, Kemenhub serta Korlantas Polri,” kata Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah dalam rilis pers dikutip Kamis (19/9/2024).

Ia menegaskan ULF ini merupakan langkah krusial untuk memastikan bahwa Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 Km kini telah memenuhi seluruh spesifikasi teknis yang diperlukan.

“Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten telah melalui seluruh tahapan penilaian laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol. Proses ini dilakukan oleh instansi berwenang, dan setelah lolos uji, tarif tol akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Rudy.

Rudy juga menjelaskan bahwa selama proses konstruksi, kontraktor dan konsultan pengawas telah melakukan serangkaian pengujian teknis untuk memastikan mutu beton, serta pemenuhan standar desain yang direncanakan.

Ia menyebutkan, setelah melewati 3 tahun masa pembangunan, Jalan Tol Jogja-Solo Tahap 1 Segmen Kartasura-Klaten kini siap beroperasi dengan kondisi infrastruktur yang memenuhi standar keselamatan.

“Dengan mempertimbangkan perubahan alami akibat suhu, cuaca, dan beban kendaraan, kami tetap memastikan bahwa kualitas beton dan infrastruktur jalan tol ini tetap terjaga. Pemeriksaan secara berkala juga akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” tambah Rudy.

Untuk menjaga keamanan dan kualitas layanan, PT JMJ melakukan pemeriksaan rutin terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Pemeriksaan ini mencakup kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, hingga pelayanan pertolongan dan penyelamatan di sepanjang koridor jalan tol.

“Langkah ini merupakan komitmen PT JMJ dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna Jalan Tol Jogja-Solo,” ucapnya.

Example 300250
Example 120x600