Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Hukum

Fery Amsari Minta Pansel KPK Coret Pahala Nainggolan

×

Fery Amsari Minta Pansel KPK Coret Pahala Nainggolan

Sebarkan artikel ini
Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan
Example 468x60

 

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sosok kontroversial Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan yang tengah menjalani proses seleksi capim, menuai sorotan negatif.

Example 300x600

Pasalnya, Pahala Nainggolan diduga mempunyai catatan memanipulasi kewenangan KPK untuk kepentingan politik dan bisnis tertentu yang tidak sehat.

Hal itu dikatakan Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari mengenai nama-nama yang dinilai cacat integritas, salah satunya adalah Pahala Nainggolan.

“Indonesia butuh Pimpinan KPK yang bersih bukan orang tidak bisa dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan politik,” kata Fery dalam keterangannya, Kamis (19/9/2024).

Feri menilai, sosok pencalonan Pahala Nainggolan nantinya akan menjadi batu sandungan bagi KPK.

Dalam penilaiannya, Pahala Nainggolan mempunyai catatan memanipulasi kewenangan KPK untuk kepentingan politik dan bisnis tertentu yang tidak sehat.

“Orang seperti itu dicoret saja agar tidak menjadi batu sandungan dikemukakan hari terhadap KPK,” tandasnya.

Feri menyampaikan bahwa KPK kerap dianggap sebagai lembaga tempat menitipkan orang bermasalah. Hal ini yang menyebabkan kinerja KPK semakin menjadi tidak baik. “Sesederhana itu. Sekarang berani tidak KPK terbuka untuk membuktikan kebenarannya,” tutupnya.

Sebagai informasi, saat ini Bareskrim Polri tengah melakukan penyelidikan atas laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

Dalam laporan dengan Nomor: STTL/237/VII/2024/Bareskrim, Pahala Nainggolan beserta mantan Ketua KPK Agus Rahardjo diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan kekuasaan sebagaimana diatur Pasal 421 KUHP. Dengan adanya laporan tersebut, berbagai elemen masyarakat pun mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk secepatnya menuntaskan perkara tersebut demi keadilan dan kepastian hukum. ***

Example 300250
Example 120x600