Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

Fakta-fakta Menarik Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara

×

Fakta-fakta Menarik Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara

Sebarkan artikel ini
Taman Kusuma Bangsa di IKN Nusantara. Foto: Sekretariat Kabinet.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Taman Kusuma Bangsa sebagai bagian dari Sumbu Kebangsaan Nusantara merupakan taman memorial atau kenangan, monumen, dan ruang publik yang terletak di bukit bendera di depan Istana Garuda serta Plaza Seremoni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Taman Kusuma Bangsa dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan pejuang negara, terutama kepada pendiri bangsa.

Example 300x600

Tidak hanya menjadi lokasi upacara yang pertama kali di IKN, proyek ini juga menjadi proyek yang pertama kali diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan IKN.

Ada beberapa fakta-fakta menarik Taman Kusuma Bangsa, dikutip dari Instagram/@nindyakarya di Jakarta, Selasa (24/9/2024):

1. Sayap garuda

Taman Kusuma Bangsa merupakan salah satu proyek PT Nindya Karya untuk IKN Nusantara yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. Taman ini memiliki ikon Sayap Burung Garuda Pelindung Nusantara setinggi 17 meter yang memiliki arti perlindungan dan persatuan.

2. Patung Soekarno-Hatta

Taman yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta ini memiliki ikon patung Soekarno-Hatta, melambangkan perjuangan panjang kemerdekaan bangsa Indonesia.

3. Tiang bendera tertinggi se-Indonesia

Mendatapkan penghargaan Rekor Muri sebagai tiang bendera tertinggi se-Indonesia, setinggi 79 meter, tiang ini juga dipakai upacara pertama kali di IKN, yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

4. Api abadi

Dengan luas Kawasan mencapai 1.915 meter persegi, terdapat Api Abadi yang menyala 24 jam, berasal dari gas bumi. Api Abadi menjadi simbol semangat juang yang tidak pernah padam dan melambangkan tekad bangsa yang terus menyala.

Selain itu, Api Abadi menyimbolkan komitmen terhadap penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan.

Example 300250
Example 120x600