Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Elektabilitas Tertinggi, Gabriel Asem – Lukman Wugaje di Prediksi Menang Pilkada PBD

×

Elektabilitas Tertinggi, Gabriel Asem – Lukman Wugaje di Prediksi Menang Pilkada PBD

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM – SORONG – Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Propinsi Papua Barat Daya. Gabriel- Lukman (GAUL), dipastikan di prediksi bakal menang pemilihan Gubernur Papua Barat Daya 2024.

Mantan Bupati Tambrauw dua periode itu memiliki elektabilitas diatas rata-rata dari semua paslon-paslon lainya, ditambah lagi ketika Lambertus Jitmau yang di gadang-gadang akan mampu meraih suara penuh, tak mampu menandapatkan rekomendasi dari DPP partai Golkar

Example 300x600

Tak heran dengan kondisi tersebut, Maka dipastikan Pasangan GAUL akan meraih suara penuh dalam pilkada Propinsi Papua Barat Daya

Sementara itu diketahui bahwa pada awal Juli 2024, Indopol, salah satu Lembaga Survey Nasional ternama di Indonesia telah merilis hasil survey elektabilitas Bakal Calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya yang dilakukan pada tanggal 18 – 27 Juli 2024.

Dari hasil survey tersebut, dengan simulasi 9 nama Calon Gubernur, posisi pertama adalah Lambertus Jitmau sebesar 24,64%, sedangkan pada Gabriel Asem berada pada posisi kedua yakni sebesar 20,18%.

Seperti diketahui bersama, Lambertus Jitmau gagal maju sebagai calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, setelah Partai Golkar mengalihkan dukungannya kepada Bernard Sagrim. Sedangkan Gabriel Asem bersama pasangan Calon Wakil Gubernurnya Lukman Wugaje, melalui perjuangan yang panjang dan berat akhirnya tertolong oleh Keputusan MK No.60/PUU-XXII/2024 berhasil lolos dan memenuhi syarat pencalonan gubernur dengan mendapatkan dukungan dari Partai PERINDO, Partai HANURA, dan Partai GELORA

Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa berdasarkan hasil survey Indo Barometer dan Indopol, dari calon-calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya yang lolos, Gabriel Asem tidak tersaingi oleh calon-calon yang bakal berlaga dalam pemilihan Gubernur Provinsi Barat Daya pada November mendatang.

Dalam survey Indopol dengan simulasi head to head atau hanya ada 2 pasangan calon, maka tidak satupun calon yang mampu menyaingi elektabilitas Gabriel Asem sebagaimana yang nampak pada grafik elektabilitas di atas.

Ditambah lagi Pada Hari Jumat Tanggal 06 September 2024 Pukul 22.00 WIT bertempat di Hotel Rylich Panorama Kampung Baru Kota Sorong telah berlangsung Rapat Pleno luar biasa MRP Papua Barat Daya, dalam rangka Pemberian pertimbangan dan persetujuan terhadap Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Daya masa jabatan Tahun 2024 – 2029, yang dihadiri oleh:
Alfons Kambu ( Ketua Majelis Rakyat Papua) Papua Barat Daya.
Susance Saflesa,S.Th,M.Si ( Wakil Ketua I MRP) Papua Barat Daya.
Vincentius Baru,ST.M.URP ( Wakil Ketua II) Papua Barat Daya.
Dorce Kambu,S.Sos ( Ketua Pokja Perempuan MRP) Papua Barat Daya.
Marice Kambu,S.Pd ( Wakil Ketua Pokja Perempuan MRP) Papua Barat Daya.
Lince Atanay ( Sekretaris Pokja Perempuan MRP) Papua Barat Daya.
Ishak S.Kwaktolo,S.Th ( Ketua Pokja Keagamaan MRP) Papua Barat Daya
Alberd E.Solossa,SS ( Wakil Ketua Pokja Keagamaan MRP) Papua Barat Daya
Idris Wugadje,S.Sos ( Sekretaris Pokja Keagamaan MRP) Papua Barat Daya.
Mesak Mambraku,ST ( Ketua Pokja Adat MRP) Papua Barat Daya
Frinset Syatfle,S.Pd ( Wakil Ketua Pokja Adat MRP) Papua Barat Daya.
Simson S.A.Md,S.S.Sos ( Sekretaris Pokja Adat MRP) Papua Barat Daya.
Ketua dan seluruh anggota MRP Papua Barat Daya yang berjumlah 33 orang.
George Yarangga,A.Pi,MM ( Staf ahli Gubernur Papua Barat Daya).
Letkol Rofik ( Ka Posda BIN Papua Barat Daya), AKP Aleman Minginsubu ( Kapolsek Sorong Barat).

Dalam pertemuan tersebut, memutuskan melalui Surat Keputusan Nomor 10/MRP. PBD/2024 Tentang Pemberian Pertimbangan dan Persetujuan Terhadap Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Papua Barat Daya, Yang Memenuhi Syarat Orang Asli Papua
Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, adalah pasangan bakal calon:
Bernard Sagrim – Sirajudin Bauw
Elisa Kambu – Ahmad Nasrau
Gabriel Assem – Lukman Wugadje
Onesimus Wayangkau – Ibrahim Wugadje
Berdasarkan putusan tersebut maka pasangan bakal calon Gubernur Abdul Faris Umlati dan Petrus Kasihiw terancam gagal untuk maju sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pilkada Provinsi Papua Barat Daya pada November 2024.

Dengan demikian maka posisi pasangan Gabriel Asem – Lukman Wugaje semakin mantap memenangkan pilkada Provinsi Papua Barat Daya 2024 dalam 1 putaran.

Example 300250
Example 120x600