Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPILKADA 2024

Datangi Sanggar Betawi, RIDO Dapat Julukan Ridwan Bemo dan Suswonongol

×

Datangi Sanggar Betawi, RIDO Dapat Julukan Ridwan Bemo dan Suswonongol

Sebarkan artikel ini
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) di Pinang Ranti, Jakarta Timur. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) pada Rabu malam (25/9/ menghadiri pertunjukan yang digelar Ocehan Plesetan Rombongan Betawi (Oplet Robet) di Pinang Ranti, Jakarta Timur. Setelah pertunjukan dan silaturahmi bersama, para seniman Betawi memberi julukan Ridwan Bemo (Betawi modern).

Ramdhani alias Qubil AJ, salah satu seniman senior Oplet Robet, menyebut pihaknya memberikan julukan tersebut agar pasangan RIDO saat memimpin Jakarta bisa turut melestarikan budaya Betawi.

Example 300x600

“Saya yakin beliau ini adalah orang yang sangat-sangat progresif, orang yang sangat aktif. Mudah-mudahan ketika memimpin Jakarta, Jakarta jadi lebih maju lagi, Jakarta Kota Global tapi tidak meninggalkan budaya lokal,” kata Qubil AJ atau Bang Madit.

Ridwan Kamil berterima kasih dengan julukan tersebut karena sejalan dengan harapannya menjadikan Jakarta sebagai kota global tanpa melupakan budaya asli Betawi. Ia mengaku ingin budaya Betawi lebih dikenal ke depannya, sesuai dengan konsep Gerakan Membangun Budaya Betawi (Gerbang Betawi) yang diusung pasangan Nomor Urut Satu.

“Pasangan RIDO punya konsepnya, yaitu Gerbang Betawi. Salah satunya adalah bidang kesenian, bisa lewat pentas sekolah. Nanti anak-anak pentas dibantu oleh guru-gurunya. Bayangkan nanti ada perintah gubernur, semua sekolah mengikuti, para seniman punya pekerjaan permanen, budayanya juga lestari,” ujar mantan orang nomor satu Jawa Barat tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Ridwan Kamil juga secara spontan memberikan julukan Suswonongol kepada Calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono. “Saya Ridwan Bemo, melestarikan tapi going global. Pak Suswono nongol, enggak hanya di kantor, jadi Suswonongol,” tuturnya.

Example 300250
Example 120x600