Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaNasional

Buka KKIN ke IX di Papua Barat Daya, Menaker Ida Fauziyah Harapkan Peningkatan Kualitas SDM

×

Buka KKIN ke IX di Papua Barat Daya, Menaker Ida Fauziyah Harapkan Peningkatan Kualitas SDM

Sebarkan artikel ini
Menaker Ida Fauziyah didampingi Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad pada pembukaan KKIN ke IX di Aston Hotel Sorong. (Foto:Mega/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah membuka secara resmi Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) XI, Selasa (3/9/2024), di Aston Hotel Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Menaker Ida Fauziyah dalam arahannya menyampaikan, KKIN ke- VIII sebelumnya digelar di Padang, Sumatera Barat tahun 2022 dan di tahun 2023 diikutkan dalam Asean Skill Competition di Singapore dan Indonesia menjadi juara umum.

Example 300x600

“Asean Skill Competition akan diadakan tahun 2025, harus dan wajib menyabet juara umum dari peserta KKIN ke IX,”ujarnya.

Ida menyebut, KKIN dilaksanakan dari satu kota ke kota lain Indonesia dan Papua Barat Daya dipilih menjadi tempat pelaksanaan KKIN ke IX tahun 2024.

“Ini adalah salah satu upaya kita untuk meningkatkan kompetensi para instruktur yang ada, baik di balai yang menjadi Unit Pelaksanaan Teknis Pusat (UPTP) berubah menjadi Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD),”jelas Ida.

Menurutnya, peran instruktur itu sangat strategis karena dia yan menyiapkan para peserta pelatihan untuk memiliki kompetensi, menjadikan mereka pekerja yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan dunia usaha, dan dunia industri.

“Mereka yang kita harapkan mampu memperkuat sumber daya manusia (SDM) kita menyambut Indonesia emas 2045,”harap Ida.

Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad menyambut baik kegiatan KKIN ke -IX tingkat nasional yang dilaksanakan di Papua Barat Daya.

“Terimakasih telah memilih Papua Barat Daya, provinsi ke 38 untuk menjadi tempat penyelenggaraan KKIN ke IX ke tingkat nasional, walaupun kami belum genap usia 2 tahun karena provinsi ini baru diresmikan 9 Desember 2022,”ujar Musa’ad.

Menurut Musa’ad, kegiatan ini adalah suatu kebanggaan bagi provinsi Papua Barat Daya yang juga provinsi termuda Indonesia.

Oleh karena itu, Musa’ad memberikan apresiasi yang tinggi kepada kementerian ketenagakerjaan atas sinergi dan kolaborasinya yang luar biasa.

“Insya Allah dari kegiatan ini nantinya semakin cepat kita berhasil, maka kita ikut menurunkan angka pengangguran,”harap Musa’ad.

Diakhir sambutan, Musa’ad menyampaikan selamat bertanding dan berkompetisi, terus meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan sebagai anak-anak bangsa.

“Kepada peserta, jadilah stiker bagi Papua ketika keluar dari sini, bahwa inilah Papua, yang aman dan tentram. Jadi tidak usah takut datang ke Papua karena kalian sudah menyaksikan sendiri apa yang ada di Papua Barat Daya,”pungkasnya.

Adapun Keahlian yang dikompetisikan dalam KKIN ke IX meliputi 14 bidang keahlian yaitu:
1. Instalasi Listrik
2. Elektronika
3. Pengelasan
4. Pendingin & Tata Udara
5. Otomotif Sepeda Motor
6. Otomotif Kendaraan Ringan
7. Desain Grafis
8. Perancangan Rekayasa Mekanik atau CAD
9. Solusi Perangkat Lunak Teknologi Informasi untuk Bisnis
10. Tata Busana
11. Kecantikan
12. Pelayanan Restoran

13. Pembuatan Kabinet

14. Barista

Masing-masing keahlian tersebut diikuti ratusan kompetitor dari Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di seluruh Indonesia, yang akan bersaing untuk menunjukkan keahlian mereka pada KKIN ke IX.

Pelaksanaan kompetensi untuk 13 bidang kejuruan akan dilaksanakan di Balai Vokasi Sorong dan Sebagian bidang keahlian restoran akan dilaksanakan di Aston Sorong.

Pemenang akan diumumkan pada penutupan KKIN pada 7 September 2024, dengan hadiah yang diraih berupa penghargaan piagam dan uang tunai senilai Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7,5 juta untuk juara kedua , dan Rp5 juta untuk juara ke 3, serta tambahan beasiswa full sampai lulus.

Example 300250
Example 120x600