Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Beberapa Daerah di Papua Teridentifikasi Mulai Panen Cabai

×

Beberapa Daerah di Papua Teridentifikasi Mulai Panen Cabai

Sebarkan artikel ini
Potret petani cabai di wilayah Papua
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua mengidentifikasi beberapa daerah mulai memasuki panen cabai. Daerah-daerah yang teridentifikasi tersebut meliputi Provinsi Papua, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Papua, Faturachman menyampaikan, diperkirakan panen akan berlangsung dari bulan September hingga bulan Desember dan diharapkan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat menyambut aktivitas terkait Pilkada dan persiapan Natal 2024 serta tahun baru 2025. “Pantauan KPw BI Papua tepatnya di beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Keerom (Provinsi Papua), Kabupaten Merauke (Provinsi Papua Selatan) dan Nabire (Provinsi Papua Tengah),” demikian disampaikan dalam rilisnya, Jumat, (20/9/2024) di Merauke.

Example 300x600

Selain itu, dikatakan di Papua Pegunungan, tepatnya di Distrik Pyramid diperkirakan akan memasuki musim panen bawang merah pada bulan November. Tonase panen cabai diestimasi beragam dari 175 ton sampai dengan 225 ton. Masuknya musim panen cabai di beberapa daerah dimaksud diharapkan dapat menekan laju inflasi di Tanah Papua serta mendukung pencapaian target inflasi nasional pada rentang 2,5% ± 1%.

Secara historis, aneka cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang selalu memberikan tekanan terhadap inflasi secara nasional maupun di Papua. Besarnya kebutuhan cabai terkait karakteristik makanan Indonesia dan Papua secara umum selalu menggunakan aneka cabai dalam pengolahannya. Selain itu, pasokan cabai di Papua masih belum sepenuhnya dapat mengimbangi permintaan masyarakat sehingga menciptakan ketergantungan dari pasokan luar.

KPw BI Papua terus mendukung upaya pengendalian inflasi di wilayah Papua dalam kerangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang diselenggarakan di seluruh wilayah kerja. Beberapa program unggulan GNPIP yang telah dieksekusi oleh KPw BI Papua adalah bantuan alsintan antara lain kultivator dan alat angkut. Pendampingan good agriculture practices melalui pengembangan pupuk organik cair.

Kemudian, hilirisasi pertanian berupa solar dryer, Korporatisasi tani atau penguatan kelembagaan melalui koperasi tani, digitalisasi pertanian berupa sensor informasi unsur hara tanah untuk pemakaian pupuk secara efektif, capacity building, dan Gerakan Pangan Murah/Operasi Pasar untuk menyeimbangkan pasokan dan harga di konsumen akhir bersinergi dengan Bulog, poktan, pesantren, rumah ibadah, perbankan, dan warung pangan.

GNPIP diselenggarakan bersinergi pula dengan masing-masing pemerintah daerah.
Berdasarkan pantauan KPw BI Papua tren harga cabai di Wilayah Papua dalam kurun waktu Juli-September (M3) menunjukkan penurunan dari Rp 98.400/Kg menjadi Rp 67.400/Kg atau secara rata-rata turun sebesar 32%. Per Agustus 2024, Papua dan Papua Selatan tercatat sebagai 10 provinsi dengan inflasi terendah masing-masing 1,03 % (yoy= year on year) dan 1,80% (yoy).

Di sisi lain, Papua Tengah dalam tiga bulan terakhir sudah menunjukkan tren penurunan dari 4,39% (yoy) menjadi 3,74% (yoy). Sedangkan inflasi Papua Pegunungan masih tercatat pada kisaran 5% (yoy).

Example 300250
Example 120x600