Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

ASN Pemkot Bandung Ziarah Ke Makam Leluhur Pendiri

×

ASN Pemkot Bandung Ziarah Ke Makam Leluhur Pendiri

Sebarkan artikel ini
ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, menggelar ziarah ke makam leluhur pendiri Bandung, Kamis (19/9/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), maka Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar ziarah ke makam leluhur pendiri Bandung, Kamis (19/9/2024).

Ziarah dilakukan ke situs makam Dalemkaum, Karang Anyar, Dayeuh Kolot di Kabupaten Bandung, dan Makam Dalem Gordah di Kabupaten Garut.

Example 300x600

Lokasi pertama, yakni makam Dalemkaum yang merupakan makam pendiri Kota Bandung yang juga Bupati Bandung ke-6 (1794-1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalemkaum).

Ziarah dilanjutkan ke makam para Bupati Bandung, di Jalan Karanganyar. Makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-angun (1641-1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

PJ Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono didampingi oleh istri, sekaligus PJ Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani berdoa sekaligus menaburkan bunga.

Turut mendampingi Pj Wali Kota di antaranya PJ Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dharmawan, Forkopimda, Ketua DPRD Kota Bandung Sementara, Kepala Perangkat Daerah hingga sejumlah camat di Kota Bandung.

Bambang mengatakan, ziarah ini merupakan bentuk rasa syukur dan penghargaan kepada para pendiri Bandung, karena hingga kini Kota Bandung telah mencapai usia ke-214.

Menurutnya, saat ini ia dan jajarannya sedang meneruskan hal yang menjadi semangat, tujuan, dan keinginan serta sauri teladan para leluhur, serta para pendiri Kota Bandung.

“Kami atas nama warga Kota Bandung menyampaikan rasa syukur, dalam rangka HJKB dapat berziarah mendoakan para pendiri. Kota Bandung tidak akan pernah ada tanpa ada para pendiri,” ujarnya di Makam Karang Anyar.

Sebagai generasi penerus, Bambang mengajak masyarakat Kota Bandung, untuk mendoakan dan memberikan kontribusi maksimal bagi Kota Bandung.

“Kami berdoa mudah-mudahan para pendiri bangsa diberkahi dan diampuni segala khilafnya. Mudah-mudahan, upaya dan ikhtiar kita mendoakan bukan hanya pada momen HJKB namun setiap hari,” ungkapnya.

“Saat ini sebagai generasi penerus bisa mewujudkan, dan memberikan nilai manfaat bagi kesejahteraan warga Bandung,” imbuhnya.

Ziarah dilanjutkan ke Dayeuhkolot, ada tujuh makam pemimpin Bandung, yakni Ratu Wiranatakusumah (Raja Timbanganten ke-VII), Bupati Bandung ke-1, yaitu Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641-1709) atau Raden Astramanggala, Rd. Tumenggung Anggadiredja II (Bupati Bandung ke-IV), Rd. Adipati Wiranatakusumah I yang bernama asli Anggadireja III (Bupati Bandung ke-V), Rd. Demang Sastranegara (Patih Bandung), Rd. Rg. Somanegara (Patih Bandung), dan Rd. Demang Suriadipradja (Hoofd Jaksa Bandung).

Sedangkan di Kabupaten Garut, yakni berziarah ke makam R. Tumenggung Anggadiredja I atau dikenal dengan Dalem Gordah, Bupati Bandung ketiga (1704-1747).

Selain ziarah, dibagikan pula bantuan sembako kepada para penerima manfaat dan penjaga makam di sekitar makam para leluhur.

Example 300250
Example 120x600