Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Profil Suswono, Calon Wakil Gubernur Jakarta Pendamping Ridwan Kamil

×

Profil Suswono, Calon Wakil Gubernur Jakarta Pendamping Ridwan Kamil

Sebarkan artikel ini
Profil Suswono, politisi senior PKS. Foto: Instagram/@pak_suswono.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah terbentuk setelah resmi mengusung Ridwan Kamil dan Suswono pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Suswono merupakan salah satu pendiri Partai Keadilan (PK) embrio Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia pernah menjadi pejabat di level eksekutif sebagai Menteri Pertanian RI 2009-2014 di bawah kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Example 300x600

Pria kelahiran Tegal, 20 April 1959 silam itu merupakan sarjana Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB). Lalu, ia melanjutkan pendidikan dengan mengambil gelar S2 Magister Manajemen Agribisnis, dan S3 Doktoral manajemen bisnis.

Pada pemilihan umum 2004-2009, Suswono terpilih menjadi Anggota DPR-RI dari PKS dari Dapil Jawa Tengah IX. Saat itu ia berhasil meraih 21.433 suara dan berujung ditempatkan di Komisi IV DPR. Suswono kala itu bahkan dipercaya menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi PKS.

Sebelum terjun ke dunia politik, Suswono juga berkarir sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Suswono juga merupakan Ketua Umum Yayasan Ummul Quro Bogor dan Dosen Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Selain itu, Suswono pernah menjadi Penasihat KADIN, Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah, Penasihat KB PII, dan Penasihat ICMI Bogor. Kemudian, ia juga pernah menjadi Anggota Wali Amanah IPB, Ketua HMI Cabang Bogor, dan Ketua Senat Mahasiswa Fapet IPB.

Dalam akun Instagram pribadinya, terlihat Suswono sempat berkampanye maju sebagai caleg DPR dari PKS di Pileg 2024. Dia menjadi salah satu caleg DPR untuk Dapil Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Suswono mendapat suara sebanyak 53.134 suara di Pileg 2024. Namun, suara Suswono masih kalah dengan rekan separtainya, yakni Ecky Awal Mucharam.

Teranyar, Suswono resmi didukung menjadi bakal calon wakil Gubernur Jakarta mendampingi Bacagub Ridwan Kamil, eks Gubernur Jawa Barat. Pasangan tersebut hanya tinggal mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah diusung oleh 12 partai politik KIM Plus, yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Example 300250
Example 120x600