Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPemerintahan

Pj Bupati Tambrauw Terima Penghargaan UHC Dari Wapres RI di Jakarta

×

Pj Bupati Tambrauw Terima Penghargaan UHC Dari Wapres RI di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Tambrauw terima penghargaan UHC dari Wapres RI, KH Ma'aruf Amin di Jakarta
Pj Bupati Tambrauw terima penghargaan UHC dari Wapres RI, KH Ma'aruf Amin di Jakarta
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Wakil Presiden Republik Indonesia menyerahkan Penghargaan Universal Health Coverage kepada sejumlah Pemerintah Daerah pada Kamis, (08/08/2024) di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Penyerahan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kali ini juga sekaligus memperingati satu dekade program JKN-KIS untuk negeri sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Example 300x600

Award tersebut diberikan kepada Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari keseluruhan jumlah penduduk daerah setempat.

Dalam kesempatan ini, Kabupaten Tambrauw menduduki peringkat teratas dalam kategori Utama di antara 452 Kabupaten/Kota lainnya. Jumlah kepesertaan dan kepatuhan pembayaran menjadi penilaian utama dalam penghargaan UHC ini.

Dalam hal ini Kabupaten Tambrauw telah menunjukkan bahwa pelayanan dalam melayani masyarakat sudah memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil juga bermutu bagi masyarakat Kabupaten Tambrauw.

Penghargaan tersebut menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Tambrauw dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, menyampaikan bahwa, “UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, bermutu, dan tanpa hambatan finansial. Penerima penghargaan hari ini menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program JKN minimal 95% dari total penduduk. Sejumlah 33 Provinsi dan 452 Kabupaten/Kota telah menunjukkan itu dan salah satu nya adalah Kabupaten Tambrauw.

Ma’ruf berpesan, perluas jangkauan kepesertaan sampai 100%, gunakan pendekatan yang lebih efektif dan solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iurannya, pastikan adanya monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas pelayanan.

Kemudian Ma’ruf mengapresiasi International Sosial Security Association yang telah memberikan penghargaan dan dukungan kepada Pemerintah Indonesia dalam upaya pencapaian UHC.”

Senada dengan Wapres, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa capaian 98 persen UHC sebagai sebuah prestasi yang luar biasa bagi Indonesia, tetapi tidak ada artinya jika tidak menunjukkan bahwa seluruh rakyat Indonesia telah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk tanggung jawab saya sesuai dengan Inpres, dan kita harus berusaha keras bagaimana supaya cita-cita kita untuk menciptakan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di sektor pelayanan kesehatan ini bisa tercapai,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti melaporkan bahwa kepesertaan JKN meningkat dari tahun ke tahun dengan cakupan mencapai di atas 98 persen dari total penduduk.

Seperti slogan yang disampaikan oleh beberapa tokoh internasional terhadap penyerahan penghargaan UHC ini, “BPJS Kesehatan Hebat, Menyala Abangku” merupakan interpretasi dari semangat kegotong royongan yang sudah ditunjukkan oleh BPJS Kesehatan hingga bisa sampai pada capaian saat ini. BPJS Kesehatan terbukti mampu mengcover 98 persn dari total jumlah penduduk Indonesia. Hal ini menjadi bentuk perhatian yang sangat serius oleh pemerintah kepada masyarakatnya di bidang kesehatan.

Reportase : Triani

Example 300250
Example 120x600