Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkot Bandung Berkomitmen Jaga dan Pelihara TPU Terpadu Cikadut

×

Pemkot Bandung Berkomitmen Jaga dan Pelihara TPU Terpadu Cikadut

Sebarkan artikel ini
Kepala Diciptabintar Kota Bandung, Bambang Suhari. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung terus berkomitmen, untuk menjaga dan mengembangkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Kota Bandung. Salah satunya adalah, TPU Terpadu Cikadut.

Melalui berbagai langkah pemeliharaan dan pembangunan oleh Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang (Diciptabintar) Kota Bandung dan pihak terkait, TPU Terpadu Cikadut kini semakin terawat dan memiliki fasilitas yang lebih baik untuk masyarakat.

Example 300x600

Kepala Diciptabintar Kota Bandung, Bambang Suhari mengatakan, sebagai salah satu pelaksana pemeliharaan, telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan TPU Terpadu Cikadut tetap dalam kondisi baik.

Beberapa langkah yang diambil antara lain:

1. Pemeliharaan Jalan dan Sarana Prasarana. Melakukan pemeliharaan jalan, serta memperbaiki dan merawat sarana prasarana yang ada.

2. Penanaman Rumput (Rumputisasi). Melakukan penanaman rumput secara berkala untuk menjaga keindahan dan kenyamanan area makam.

3. Pemeliharaan Makam Secara Bertahap. Memastikan setiap makam terawat dengan baik untuk menghormati para penghuni dan keluarganya.

Bambang juga mengaku, hingga saat ini TPU Terpadu Cikadut memiliki total kapasitas makam sebanyak 8.591 makam.

“Total kapasitas makam saat ini sebanyak 8.591, diantaranya makam Covid-19 Muslim dan Non Muslim sebanyak 3.845 makam dan makam biasa sebanyak 4.746,” jelas Bambang kepada wartawan, di Bandung, Senin (5/8/2024).

Berdasarkan data tahun 2023, Dinas Bina Marga Kota Bandung telah meningkatkan Jalan Cikadut sepanjang 561 meter dengan lebar 4 meter.

“Upaya ini merupakan bagian dari program pembangunan jalan dan rumputisasi yang dilakukan setiap tahun. Selain itu, pembangunan petak makam juga dilaksanakan untuk kepentingan umum, bukan untuk pribadi dan tidak untuk dipasarkan atau dijual,” jelasnya.

Bambang juga menambahkan, Diciptabintar juga berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memastikan fasilitas penerangan di wilayah Cikadut terpenuhi.

“Sebanyak 47 lampu CSR masih layak pakai, dan pemasangan lampu jalan (PJU) sebanyak 50 buah di wilayah Cikadut,” tambahnya.

Upaya perbaikan terus dilakukan, untuk memastikan akses yang lebih baik ke TPU Terpadu Cikadut.

Dengan berbagai langkah ini, Pemkot Bandung menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan mengembangkan TPU Terpadu Cikadut, demi kenyamanan dan kemudahan masyarakat.

Melalui kerjasama antara berbagai pihak, diharapkan TPU Terpadu Cikadut dapat terus terjaga dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Untuk diketahui, Pemkot Bandung melalui Diciptabintar telah memiliki aplikasi Simpelman (Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman), untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan pemakaman kepada masyarakat di Kota Bandung.

Layanan yang tersedia di Simpelman diantaranya:

1. Layanan pemakaman baru.
2. Layanan pemakaman tumpang.
3. Layanan pembongkaran makam (Pembongkaran makam yang akan dipindahkan).
4. Layanan pengantaran jenazah (Pengantaran jenazah dari rumah sakit menuju rumah duka kemudian ke TPU).

“Dengan hadirnya aplikasi Simpelman, Pemkot Bandung berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, dan memudahkan masyarakat dalam urusan pemakaman dengan gratis,” tutup Bambang.

Example 300250
Example 120x600