Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkot Ambon Berhasil Membina ProKlim di Wilayahnya

×

Pemkot Ambon Berhasil Membina ProKlim di Wilayahnya

Sebarkan artikel ini
Menteri LHK, Siti Nurbaya saat menyerahkan penghargaan kepada PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dalam Puncak Festival LIKE 2, yang berlangsung di JCC, Jumat (9/8/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima penghargaan, sebagai Pembina Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dalam Puncak Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE 2), yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (9/8/2024).

Example 300x600

Usai menerima penghargaan tersebut, PJ Wali Kota Ambon menyampaikan rasa syukurnya, lantaran penghargaan itu menandai keberhasilan Pemkot Ambon, dalam menetapkan kebijakan dan membina ProKlim di wilayahnya.

“Kita bersyukur dan berharap, program ini terus berkelanjutan untuk mewariskan lingkungan hidup yang baik kepada generasi mendatang,” kata PJ Wali Kota, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Sabtu (10/8/2024).

Dia mengaku, masyarakat patut berbangga, karena Pemkot Ambon sebagai penerima penghargaan Pembina ProKlim satu-satunya di wilayah Regional Maluku-Papua.

Pasalnya, Kampung Kusu-Kusu Sereh, Negeri Nusaniwe, Kecamatan Sirimau juga menerima penghargaan Trophy ProKlim kategori utama.

“Penghargaan ini diberikan, karena kampung tersebut memang sudah tertata secara struktur dalam melakukan adaptasi, dan mitigasi terhadap perubahan iklim,” ujar PJ Wali Kota.

Dia berharap, di tahun depan makin banyak desa/negeri dan kelurahan, serta dusun/kampung dan komunitas yang dibina untuk mendapatkan penghargaan yang sama, bahkan kategori yang tinggi, yakni ProKlim Lestari.

Untuk diketahui, pada tahun 2020 hingga 2023 total ada 46 lokasi di Kota Ambon yang menerima Penghargaan ProKlim. Diantaranya, 6 (enam) Trophy ProKlim Utama, 31 Sertifikat Proklim Utama, dan 9 (sembilan) sertifikat ProKlim Madya.

Sementara untuk tahun 2024, 1 Trophy ProKlim Utama,10 Sertifikat ProKlim Utama, dan 3 (tiga) Sertifikat ProKlim Madya.

Sebelumnya Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam pidatonya menyatakan, ProKlim telah dimulai sejak 2011 lalu, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap dampak perubahan iklim, dan emisi gas rumah kaca.

Hingga saat ini, telah tercapai 10.113 lokasi ProKlim, dari target 20.000 lokasi di seluruh Indonesia.

Dengan semakin banyaknya komunitas yang bergabung dalam ProKlim, baik dari unsur masyarakat maupun swasta, Menteri Siti Nurbaya optimis, target tersebut dapat tercapai di tahun 2024 ini.

Example 300250
Example 120x600