Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Paus Fransiskus Kunjungi Asia Pasifik, Indonesia Jadi yang Pertama

×

Paus Fransiskus Kunjungi Asia Pasifik, Indonesia Jadi yang Pertama

Sebarkan artikel ini
Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus. (Foto: Instagram/franciscus)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus bakal mengunjungi beberapa negara yang berada di kawasan Asia Pasifik mulai Selasa (3/9/2024) hingga Jumat (11/9/2024).

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Anthonius Gregorius Angelo Lalu mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh Paus Fransiskus.

Example 300x600

Paus Fransiskus yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut akan mengakhiri serangkaian kunjungannya di Singapura.

“Kunjungan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari 6 hingga 9 September 2024, Dili (Timor Leste) dari 9 hingga 11 September 2024 dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024,” kata Anthonius dalam keterangan resminya dikutip, Sabtu (31/8/2024).

Anthonius mengungkapkan selama empat hari berada di Indonesia, Paus Fransiskus bakal menemui Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Lalu, Paus Fransiskus juga akan bertemu dengan berbagai kelompok masyarakat sipil dan pemerintahan.

“Paus Fransiskus akan disambut Presiden RI Joko Widodo dalam upacara selamat datang di Istana Merdeka dan melanjutkan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di aula Istana Negara dimana Presiden RI dan Paus Fransiskus akan memberikan pidatonya,” ungkap dia.

Lebih lanjut, dalam agenda lainnya yang sudah dikonfirmasi bahwa Paus Fransiskus akan mengadakan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga.

Selain itu, Anthonius juga menyampaikan bahwa Paus Fransiskus bakal menemui kaum muda lintas agama sebelum memimpin misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

“Pertemuan dengan kaum muda scholas di Grha Pemuda, pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal dan pelaksanaan Misa Suci di Stadium Gelora Bung Karno (GBK) dimana Paus Fransiskus akan membawakan Homili,” katanya lagi.

Agenda Perjalanan Paus Fransiskus di Indonesia

1. Senin (2/9/2024)

Paus Fransiskus berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Fiumicino Roma ke Indonesia

2. Selasa (3/9/2024)

Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ada penyambutan resmi kedatangan Paus Fransiskus.

3. Rabu (4/9/2024)

Paus Fransiskus mengunjungi Istana Merdeka, Jakarta. Bakal digelar Upacara Selamat Datang dan  Kunjungan Kehormatan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, di Aula Istana Negara akan digelar pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik (Pidato Bapa Suci).

Selanjutnya, Paus Fransiskus bergerak ke Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta untuk mengadakan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ).

Lalu, dilanjutkan ke Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Grha Pemuda untuk melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) dan pertemuan dengan Scolas occurentes.

4. Kamis (5/9/2024)

Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Akan digelar pertemuan antaragama (Pidato Bapa Suci). Kemudian Paus Fransiskus bergerak ke Kantor KWI, Jakarta untuk melakukan pertemuan dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal.

Sorenya di Stadion Gelora Bung Karno, Paus Fransiskus memimpin misa atau Perayaan Ekaristi (Homili Bapa Suci).

5. Jumat (6/9/2024)

Paus Fransiskus mengakhiri perjalanan di Indonesia dan bergerak ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melanjutkan perjalanan ke sejumlah negara.***

Example 300250
Example 120x600