Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Dinsos Ambon Perkuat Mitigasi Bencana di SMPN 17

×

Dinsos Ambon Perkuat Mitigasi Bencana di SMPN 17

Sebarkan artikel ini
Dinsos dan mitra Tagana Kota Ambon, saat menggelar kegiatan sosialisasi bagi dewan guru dan siswa/siswi, di SMP Negeri 17 Ambon, Jumat (23/8/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Sosial (Dinsos), dan Mitra Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Ambon, menggelar kegiatan sosialisasi bagi dewan guru dan siswa/siswi, di SMP Negeri 17 Ambon, Jumat (23/8/2024).

Kegiatan bertajuk Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini dibuka langsung oleh Kepala Dinsos Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat, dengan tujuan memperkuat mitigasi menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.

Example 300x600

“Kota Ambon merupakan salah satu wilayah rawan gempa bumi dan tsunami, karena berada pada pertemuan 2 (dua) lempeng, yaitu lempeng Pasifik dan lempeng Australia, sehingga maksud dan tujuan dalam kegiatan TMS adalah, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi, dalam menghadapi bencana sejak dini dengan cara memberikan edukasi bencana kepada siswa dan siswi di sekolah,” sebut dia.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan ini berupa sosialisasi tentang bagaimana cara evakuasi mandiri, apabila terjadi gempa dan bencana, juga simulasi kepada siswa/siswi yang diberikan oleh tim Tagana Kota Ambon.

Slarmanat menyebutkan, simulasi tersebut yakni ketika bencana terjadi siswa/siswi diharuskan tidak panik, dan mencari tempat perlindungan yang aman dibawah meja atau kursi, dan setelah gempa mereda segera keluar dari ruangan menuju titik aman atau lapangan, dengan segitiga kehidupan, yaitu meletakan tangan atau tas diatas kepala.

“Kemudian setelah para siswa berkumpul di lapangan, maka tim evakuasi mengecek ke ruangan-ruangan untuk mengevakuasi korban bencana, dan di bawa ke tempat yang aman yang telah ditentukan,” tandasnya.

Untuk itu, Slarmanat berharap, dengan adanya edukasi dan simulasi yang diberikan ini, dapat bermanfaat bagi siswa siswi. Dan ke depannya kegiatan TMS akan dilakukan pada sekolah-sekolah yang lain.

Example 300250
Example 120x600