Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

AMAN JKN, Solusi Layanan Cepat dan Mudah di Kantor BPJS Kesehatan 

×

AMAN JKN, Solusi Layanan Cepat dan Mudah di Kantor BPJS Kesehatan 

Sebarkan artikel ini
BPJS Kesehatan meluncurkan alternatif layanan yang dikenal sebagai Anjungan Mandiri JKN (AMAN JKN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Demi peningkatkan kualitas layanan administrasi bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan meluncurkan alternatif layanan yang dikenal sebagai Anjungan Mandiri JKN (AMAN JKN).

Pengembangan kanal layanan ini merupakan bagian dari komitmen untuk mempermudah proses administrasi dan meningkatkan kepuasan peserta yang datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan setempat.

Example 300x600

Langkah ini diambil untuk memberikan pengalaman layanan yang lebih efektif, sehingga peserta dapat menghemat waktu dan mengurangi ketergantungan pada interaksi langsung dengan petugas di loker.

Hal ini disampaikan oleh kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama, rabu (28/8/2024). Pupung mengatakan, terobosan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan semua peserta dapat mengakses layanan admnistrasi JKN dengan mudah dan tanpa hambatan.

Implementasi teknologi yang ramah pengguna ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta dan mendukung transformasi mutu layanan yang berkualitas dan terpercaya. Layanan ini dikemas dalam boks digital, saat ini AMAN JKN diletakkan di area depan atau berdekatan dengan ruang tunggu peserta di Kantor Cabang.

“Melalui berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh AMAN JKN, BPJS Kesehatan berusaha untuk memberikan solusi yang praktis dan efektif bagi peserta dalam mengelola kepesertaan dan administrasi kesehatan mereka,” kata Pupung.

Pupung menambahkan, terdapat berbagai fitur AMAN JKN yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan administrasi peserta. Salah satu fitur utama adalah kemampuan untuk memeriksa informasi status kepesertaan secara realtime.

Peserta dapat mengetahui status kepesertaan mereka kapan saja tanpa harus menunggu giliran di loket. Selain itu, untuk peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan peserta mandiri, AMAN JKN juga menyediakan informasi mengenai status tagihan iuran, yang memungkinkan peserta untuk melihat rincian dan memastikan pembayaran dilakukan tepat waktu.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah informasi nomor virtual account, yang memudahkan peserta dalam proses pembayaran iuran.

Pendaftaran layanan auto debit juga dapat dilakukan melalui kanal ini, sehingga mereka tidak perlu lagi khawatir tentang keterlambatan pembayaran.

Selain itu, manajemen kepesertaan yang dapat dilakukan melalui layanan ini mencakup perubahan data pribadi dan keluarga, yang memberikan kontrol lebih besar kepada peserta terhadap informasi mereka.

“Kami berharap fitur-fitur ini dapat memberikan kemudahan dan transparansi dalam pengelolaan kepesertaan sehingga peserta dapat mengakses informasi yang lebih cepat. Kami berharap ini juga dapat mengurangi kendala layanan administrasi peserta serta mempercepat proses pemrosesan data,” tambah Pupung.

Pupung menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih aktif memanfaatkan kanal-kanal layanan yang telah disediakan, seperti AMAN JKN dan layanan digital lainnya.

Pemanfaatan layanan digital ini juga dapat mendukung upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan kemudahan akses bagi semua peserta.

“Kami mendorong seluruh peserta untuk memanfaatkan AMAN JKN secara aktif. Dengan menggunakan fasilitas ini, peserta dapat melakukan berbagai transaksi dan memperoleh informasi dengan lebih cepat dan praktis,” himbau Pupung.

Pada kesempatan yang terpisah, Indriani (27) adalah seorang peserta JKN yang saat itu sedang datang ke kantor BPJS Kesehatan Sorong mengungkapkan, keperluan dirinya datang untuk mengubah data kepesertaannya dan membuat akun pada Aplikasi Mobile JKN.

Saat mengutarakan kebutuhannya kepada petugas, dia diarahkan untuk menggunakan layanan AMAN JKN. Melalui fasilitas ini, Indri merasakan langsung proses perubahan data kepesertaan sangat cepat, mudah dan tanpa antre hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Saya sangat terbantu dengan layanan ini. Proses perubahan data kepesertaan hanya memerlukan NIK dan berjalan sangat cepat, hanya beberapa menit data kepesertaan saya sudah berubah,” ungkap Indri.

Selain itu, petugas juga membantu Indriani untuk membuat akun pada Aplikasi Mobile JKN. Dia hanya perlu mengaktivasi akun di layar AMAN JKN dengan memasukkan data kepesertaannya dan membuat password baru. Menurutnya layanan ini sangat cepat dan praktis.

“Saya seorang pegawai yang menyempatkan diri kesini di sela-sela pekerjaan. Saya pikir akan menghadapi antrean panjang, tapi ternyata urusan saya beres dengan sangat cepat. Petugas membantu untuk mengaktivasi akun Mobile JKN di layar kemudian saya diarahkan untun memasukkan data kepesertaan dan membuat password baru, setelah itu akun Mobile JKN saya langsung aktif dan siap digunakan,” ceritanya.

Example 300250
Example 120x600