Press Release

SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. Dukung Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sorong

×

SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. Dukung Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Sorong

Sebarkan artikel ini
SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan mengadakan Bimbingan Teknis memasak makanan bergizi dan pemberian makanan tambahan Bagi Balita di Balai Kampung Kotlol
SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan mengadakan Bimbingan Teknis memasak makanan bergizi dan pemberian makanan tambahan Bagi Balita di Balai Kampung Kotlol

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Kesehatan Skrining Kualitas Gizi Bagi Balita dan Ibu Hamil di Kampung Kotlol, Distrik Salawati Selatan pada April kemarin, SKK Migas – Petrogas (Island) Ltd. bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sorong melalui Dinas Kesehatan mengadakan Bimbingan Teknis memasak makanan bergizi dan pemberian makanan tambahan Bagi Balita.

Bertempat di Balai Kampung Kotlol, lanjutan PPM Bidang Kesehatan ini dilaksanakan pada Rabu (26/6). Kegiatan ini diikuti oleh kader Posyandu Kampung Kotlol beserta ibu-ibu dan Balita mereka. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Bidang Gizi dan Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Mustika Achmad Mato; Kepala Puskesmas Sailolof, Zihan Thamrin; dan Kepala Kampung Kotlol, Yudas Katamur.

Melalui siaran pers yang diterima Redaksi Teropong News, Senin (1/7/2024) diketahui pada kesempatan ini, Petrogas (Island) Ltd. menyampaikan dukungan berupa peralatan masak, peralatan makan, serta bahan makanan. Selanjutnya, Kepala Bidang Gizi dan Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Mustika Achmad Mato memberikan pelatihan dan arahan bagi para kader Posyandu dalam mengolah makanan sehat bagi Balita.

Pelatihan ini termasuk penjelasan terkait penentuan menu makan yang sehat dan mempraktekan cara masak yang sesuai aturan kesehatan.

Setelah masak, makanan sehat tersebut disajikan kepada anak dan balita yang teridentifikasi sebagai penderita stunting. Dukungan tambahan juga diberikan oleh Dinas Kesehatan berupa susu dan suplemen penambah nafsu makan bagi anak.

“Diharapkan dengan program pemberian makanan tambahan atau intervensi yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat dan perubahan gizi yang baik bagi balita. Pemberian makanan sehat oleh Kader Posyandu ini dilakukan setiap pagi mulai Senin hingga Sabtu, selama 90 hari. Pihak Puskesmas Sailolof, DIstrik Salawati Selatan juga akan terlibat dalam kegiatan monitoring para Balita setiap minggunya,” jelas Kepala Bidang Gizi dan Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, Mustika Achmad Mato.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku, Subagyo menyampaikan kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) merupakan program yang dilakukan oleh SKK MIgas – KKKS sebagai kontribusi kehadiran kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi dalam mendukung program pemerintah di sekitar daerah operasi.

Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Ricky Tri Yuandi menyampaikan bahwa Petrogas (Island) Ltd. mendukung upaya pemerintah Kabupaten Sorong dalam percepatan penurunan stunting.

“Dengan bersinergi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, kami menjalankan kegiatan PPM Bidang Kesehatan ini,” terangnya.

Salah seorang kader posyandu Kampung Kotlol, Marlina Walipap, merasa sangat terbantu dengan program sinergi antara Dinas Kesehatan kabupaten Sorong dan Petrogas (Island) Ltd. ini.

“Karena lewat kegiatan ini kami sudah diajarkan cara masak makanan yang bergizi dan diberikan kepada anak-anak kami sendiri di kampung. Lewat pelatihan ini kami juga akan memanfaatkan ketersediaan sayur, buah dan bumbu dapur yang ada di kebun atau halaman rumah untuk memasak makanan bergizi,” ungkapnya.