Video

Rapat Pencermatan dan Koreksi Hasil Pemilu di Kota Sorong Nyaris Ricuh

×

Rapat Pencermatan dan Koreksi Hasil Pemilu di Kota Sorong Nyaris Ricuh

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Rapat Pencermatan dan Koreksi Hasil Pemilu Berlangsung ricuh, Komisioner KPU Sorong Tidak Bisa Keluar Gedung
Rapat pencermatan kembali dan penetapan hasil pileg 2024 yang digelar kpu Kota Sorong, Papua Barat Daya, pada rabu (3/7/2024) siang berlangsung ricuh.

Kericuhan bukan hanya terjadi di dalam ruang rapat namun hingga sampai keluar ruangan.
Massa salah satu caleg yang sejak pagi sudah melakukan demo di depan hotel vega berusaha masuk ke dalam hotel untuk mencari komisioner KPU kota Sorong.
Kericuhan ini terjadi lantaran tidak ada ttik temu antara pimpinan KPU Kota Sorong dan saksi partai demokrat terkait dengan hasil perhitungan suara pada pileg lalu.
Kericuhan dan aksi protes yang dilakukan oleh saksi partai demokrat dan saksi salah satu caleg dengan anggota komisoner KPU Kota Sorong, Papua Barat Daya, tidak bisa dihindari saat kpu kota sorong melakukan rapat pencermatan kembali dan penetapan hasil Pileg tahun 2024/ yang berlangsung di Hotel Vega Kota Sorong.
Kericuhan ini terjadi saat saksi partai demokrat dan saksi salah satu caleg yang menghendaki untuk dilakukan pembukaan 4 kotak suara di Distrik Sorong Barat.
Namun, keinginan mereka ditolak oleh pihak penyelanggara pemilu lantaran tidak ada rekomendasi dari bawaslu kota sorong serta rapat tersebut tidak diikuti oleh seluruh partai politik.
Sebelumnya, KPU Kota Sorong dalam rekapulasi di tingkat kota menetapkan Yosep Kocu dari Partai Demokrat dan Yohanes Saleh dari Partai Solidarita Indonesia memiliki suara yang sama. namun, setelah dilakukan perhitungan ulang sesuai tingkat persebaran, Yohanis Saleh keluar sebagai pemenang di dapil 3 untuk pemelihan anggota DPRD Kota Sorong.
Kericuhan pun berlangsung hingga ke luar ruangan. massa salah satu caleg yang sejak pagi telah melakukan aksi demo di depan hotel vega berusaha masuk ke dalam ruangan hotel untuk mencari para komisioner KPU Kota Sorong.
Beruntung aksi massa ini berhasil dicegah oleh aparat keamanan yang berjaga di lokasi kejadian.
Akibat kejadian ini para komisioner KPU Kota Sorong harus bertahan di dalam hotel tersebut hingga situasi kembali kondusif.